Home » Review » 7 Cara Memutihkan Gigi dengan Baking Soda, Alami dan Mudah

7 Cara Memutihkan Gigi dengan Baking Soda, Alami dan Mudah

cara-memutihkan-gigi-dengan-baking-soda

Sebelum menerapkan cara memutihkan gigi dengan baking soda, maka kamu harus memperhatikan apa yang membuat gigi kamu tidak tidak bisa putih dan menghindarinya secepat mungkin penyebabnya. Hobi minum teh hitam, kopi, alkohol, atau soda, misalnya, dapat membuat noda dan gigi kuning. Belum lagi kebiasaan buruk seperti merokok atau sikat gigi yang jarang, Semua itu dapat merusak penampilan keputihan gigi.

Sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk memutihkan gigi. Dimulai dari meminta dokter atau melakukannya sendiri di rumah dengan menggunakan bahan-bahan alami. Di antara banyak bahan alami yang dapat digunakan untuk memutihkan gigi, salah satu yang paling terkenal adalah baking soda. Karena sifat abrasifnya relatif ringan, sehingga sebagian besar orang mengandalkan baking soda jika ingin mengikis noda dan plak pada gigi.

Tapi manfaat baking soda tidak berhenti di situ. Ketika digunakan secara teratur, baking soda juga dapat memutihkan gigi dan membuat mulut sehat karena membantu menetralkan asam yang disebabkan oleh bakteri di dalam mulut. Ini adalah asam yang sering membuat gigi berlubang dan masalah gusi.

Bagaimana Cara memutihkan gigi dengan baking soda dengan bahan alami lainnya?

1. Baking soda dan air

Salah satu resep memutihkan gigi dengan baking soda yang paling mudah adalah dicampur dengan air. Campurkan baking soda dengan air ke dalam wadah kecil dan aduk untuk membuat pasta cair. Colek pasta dengan sikat gigi, kemudian gosok selama 2 menit.

Setelah itu, bilas mulut kamu tidak ada baking soda yang tersisa dalam mulut. Akibatnya, gigi pun terlihat lebih putih. Ulangi metode ini 1-2 kali seminggu selama beberapa bulan untuk mencapai hasil yang diinginkan.

2. Baking soda dan pasta gigi

Taburkan baking soda ke pasta gigi. Metode ini juga merupakan salah satu metode pemutihan gigi yang paling aman. Selain itu, sebagian besar pasta gigi fluoride penting untuk mencegah kerusakan gigi dan memperkuat enamel gigi. Sedangkan sifat abrasi dari baking soda dapat mengikis noda. Untuk hasil maksimal, kombinasikan baking soda dengan pasta gigi putih, tidak berwarna gel.

Untuk membuatnya, gabungkan baking soda dengan pasta gigi. Aduk dalam wadah kecil, lalu oleskan dengan sikat gigi. Alternatif lain yaitu mencelupkan sikat gigi basah ke baking powder soda langsung. Kemudian, gosok gigi selama 2 menit. Ulangi metode ini 1 atau 2 kali seminggu selama beberapa bulan.

3. Baking soda dan hidrogen peroksida

Hidrogen peroksida adalah pemutihan yang aman untuk gigi. Bahan ini umumnya ditemukan dalam pasta gigi berlabel ‘pemutih’. Selain itu, hidrogen peroksida juga membantu membersihkan gigi karena dapat membunuh bakteri berbahaya.

Menggabungkan hidrogen peroksida dengan baking soda juga bisa melepaskan radikal bebas yang membantu menghancurkan molekul noda pada permukaan gigi. Akibatnya, noda dapat disikat dan dihapus dengan mudah.

Resepnya adalah untuk mencampur 1 sendok makan baking soda dan 2 sendok makan 3% hidrogen peroksida. Aduk rata, kemudian gunakan sebagai pasta gigi untuk menggosok gigi selama 2 menit. Bilas hingga mulut bersih, ulangi 2 kali seminggu selama 8-10 minggu berturut-turut.

Apabila adonan dirasa terlalu kasar untuk gigi dan gusi, kamu dapat mengencerkannya dengan menambahkan air terlebih dahulu dengan perbandingan sama sebelum mencampurkannya dengan baking soda.

4. Baking soda dan lemon/ jeruk nipis

Air perasan lemon memang memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Tidak hanya itu, buah dengan rasa asam segar ini juga dapat memutihkan gig berkat asam sitratnya. Meski demikian, kamu cukup menggunakannya sekali setiap 2-3 bulan.

Untuk membuatnya campurkan masing-masing 1 sdm baking soda dan perasan lemon segar. Tunggu hingga bunyi mendesisnya hilang. Setelah itu, kamu dapat menggosokkannya pada gigi dengan gerakan melingkar, maksimal selama 2 menit. Kumur-kumur sampai bersih. Resep ini bisa menunjukkan perubahan instan. Gigi yang tadinya kekuningan dapat berubah sehingga tampak lebih putih.

Kalau ingin menggunakannya lebih sering dari jangka waktu yang disebutkan tadi, maka encerkan lebih dulu air lemonnya dengan air (perbandingan 1:1) sebelum mencampurkannya dengan baking soda.

5. Baking soda dan minyak kelapa

Minyak kelapa mengandung asam laurat yang dapat menghancurkan bakteri berbahaya di mulut. Jika dikombinasikan dengan baking soda, keduanya bisa menyehatkan sekaligus memutihkan gigi dan mulut.

Sebelumnya, kamu dapat mengencerkan minyak kelapa dalam microwave, lalu campurkan masing-masing 1 sdm baking soda dan minyak kelapa. Gunakan untuk menyikat gigi, kumur-kumur hingga baking sodanya hilang (kalau masih ada minyak kelapa yang tersisa di mulut tak mengapa karena itu tak berbahaya). Ulangi cara ini setidaknya 2-3 kali seminggu dalam beberapa minggu.

6. Baking soda, strawberry, dan garam

Meski warna strawberry merah cerah, namun kandungan asam askorbat di dalamnya dapat memutihkan gigi. Ketika mengkombinasikannya dengan baking soda dan garam, maka semua bahan ini efektif untuk memutihkan gigi. Sama seperti air lemon, kamu perlu sedikit hati-hati saat menggunakan resep ini. Batasi penggunaannya hanya 2 kali sebulan agar gusi dan gigi terlindungi.

Campurkan 1 sdm baking soda, 2-3 buah strawberry berukuran besar, serta sejumput garam. Haluskan buah strawberry, masukkan baking soda dan garam, aduk hingga rata, dan gunakan itu untuk membersihkan gigi.

7. Baking soda dan cuka apel

Cuka apel juga dinilai dapat menghilangkan noda dan memutihkan gigi. Untuk membuatnya, campurkan 2 bagian cuka apel dengan 1 bagian baking soda. Gunakan larutan ini beberapa kali seminggu.

Tips aman memutihkan gigi dengan baking soda:

  1. Apabila kamu adalah gigi sensitif atau masalah gusi, sebelum menggunakan baking soda untuk memutihkan gigi konsultasikan lebih dulu dengan dokter .
  2. Selalu sikat gigi secara rutin sebelum tidur malam dan setelah bangun tidur di pagi hari.
  3. Untuk kamu yang menggunakan kawat gigi tidak boleh menggunakan baking soda. Karena bahan ini bisa merusak lemnya.
  4. Usahakan pasta baking sodanya selembut mungkin karena tekstur kasar dapat merusak lapisan gigi.
  5. Jangan mengoleskan pasta baking soda lebih dari 2 menit pada sekali waktu, dan menggosok lah dengan tekanan/ gerakan lembut agar gusi tetap terlindungi.
  6. Gunakan resep baking soda tak lebih dari 2-3 seminggu, atau sesuai petunjuk tiap metode tadi. Penggunaan berlebihan dapat menyebabkan erosi sehingga menyebabkan gigi sensitif.
  7. Jika baking soda bukanlah bahan yang tepat untuk kamu, maka gunakan bubuk kunyit, kulit pisang atau kulit jeruk.
  8. Kamu dapat mengkonsumsi strawberry, apel, wortel mentah, seledri, dan popcorn, karena makanan tersebut diyakini jaga mampu dalam menjaga kebersihan gigi secara alami.

Itulah tadi prosedur tepat cara memutihkan gigi dengan baking soda serta aturan pakainya. Selamat mencoba!

Jika adonan terlalu kasar untuk gigi dan gusi, encerkan hidrogen peroksida dengan air (sama rasionya) sebelum mencampurnya dengan baking soda.