Cara Mengobati Sengatan Lebah, Ini Pertolongan Pertamanya

Cara Mengobati Sengatan Lebah, Ini Pertolongan Pertamanya

Terkena sengatan lebah acapkali membuat kita terganggu karena dapat membuat rasa sakit sepanjang hari. Tetapi kamu tidak perlu kuatir, karena sengatan lebah dapat diatasi dengan sendiri di rumah kok.

Umumnya, sengatan lebah tidak memerlukan penanganan kedokteran lanjutan. Sehabis dilakukan penanganan, tentunya rasa sakit akan segera membaik dengan sendirinya. Kecuali bila terjadi alergi lanjutan ataupun sengatan terjadi secara berulang- ulang. Maka, hal itu butuh penanganan medis lebih lanjut.

Tersengat lebah? Ini pertolongan pertama mengobati sengatan lebah!

Sengatan lebah harusnya ditangani dengan beberapa langkah sederhana. Berikut ini adalah beberapa langkah- langkah yang bisa kamu lakukan sebagai cara mengobati sengatan lebah

1. Segeralah cabut sisa sengatan lebah tersebut

Saat lebah menyengat, umumnya lebah meninggalkan sengatnya yang menancap di tubuh korban. Walaupun terasa sakit, kamu harus segera mengeluarkan sengat tersebut dengan memakai benda-benda yang permukaannya pipih serta keras, misalnya kartu ATM.

Jangan menekan bekas sengatan lebah tersebut seperti halnya kamu memencet jerawat atau bisul, karena hal itu bisa membuat racun dari dalam sengatan menyebar ke bagian tubuh lainnya

2. Mencuci bekas sisa sengatan lebah

Kamu dapat mencuci sampai bersih bagian yang tersengat lebah dengan memakai air bersih yang mengalir.

3. Kompres dengan air dingin

Apabila sengatan sukses dicabut, letakkan es batu di handuk kecil ataupun lap, kemudian kompres pada kulit yang bengkak karena terkena sengatan lebah tersebut.

Apabila kamu mendapatkan masalah yang berkelanjutan, dianjurkan lekas ke dokter untuk mendapat penindakan. Hal ini dilakukan untuk menghindari masalah lebih lanjut. Selain itu, tenaga medis dapat melakukan penanganan dan penyembuhan lanjut. Umumnya, kamu akan diberi salep antibiotik untuk menghindari peradangan kuman pada lokasi bekas luka sisa sengatan, selain itu kamu juga akan diberi obat pereda perih.

Tanda kamu mengalami alergi karena sengatan lebah

Supaya bisa ditangani secepatnya, kamu butuh mengenali tanda-tanda umum jika kamu mengalami alergi terhadap sengatan lebah. Salah satunya susah bernapas karena terdapat pembengkakan pada jalur pernafasan sehingga membatasi udara masuk ke paru- paru.

Dokter akan menanggulangi alergi berat kamu dengan memberikan cairan lewat infus, suntikan antihistamin, epinefrin untuk meningkatkan tekanan darah, suntikan kortikosteroid untuk menanggulangi peradangan karena alergi, atau memasangkan perlengkapan alat bantu nafas jika dibutuhkan.

Akibat lain dari sengatan lebah, diantaranya sakit kepala, perut kram, demam serta kejang. Bisa jadi masalah ini akan timbul bila kamu tersengat lebah secara berulang dan dalam jumlah yang banyak.

Bila kamu mengalami keadaan ini, kamu wajib ke bagian gawat darurat rumah sakit, sebab hal ini cukup berbahaya karena racun dapat menumpuk di tubuh yang tersengat.

Cara untuk menghindari supaya tidak disengat lebah

  1. Supaya pengalaman tersengat lebah tidak terulang lagi, ada beberapa cara dan metode yang dapat dicoba agar kamu terhindar dari masalah tersebut.
  2. Bila kamu gemar berkebun ataupun sering menyiram taman, upayakan untuk mengenakan sarung tangan, kaus kaki, serta sepatu.
  3. Pakai tempat sampah dengan penutup, agar lebah tidak tertarik mendekat.
  4. Dikala bepergian memakai mobil, tutup jendela rapat- rapat supaya lebah tidak dapat masuk.
  5. Apabila ada lebah di dekat kamu, jangan memukulnya. Janga memberikan gerak reflek yang mengagetkan seperti cepat- cepat berlari atau menghindar secara tergesa-gesa. Kebalikannya, kamu harus dalam kondisi tenang, tunggu hingga lebah itu pergi dan menjauh dengan sendirinya ataupun kamu bisa berpindah secara perlahan.

Sakit karena sengatan lebah bisa kembali normal dalam beberapa jam setelah itu. Tetapi, tak ada salahnya jika kamu senantiasa berjaga- jaga serta menjauh jika ada kerumunan lebah. Bila Kamu disengat oleh lebah dalam jumlah yang banyak, jangan ragu untuk segera mencari bantuan di rumah sakit terdekat. Nah, itulah cara mengobati sengatan lebah yang bisa kamu coba.

Tinggalkan komentar