Cara Mengobati Sesak Napas Ringan, Ini 7 Cara Mengatasinya

Istilah medis untuk masalah sesak napas adalah dispnea. Masalah ini memang bisa menyebabkan rasa sakit dan tidak nyaman serta menyusahkan bagi yang mengalami.

Artikel ini akan membahas cara mengobati sesak napas yang dapat kamu coba sendiri di rumah. Pembahasan kali ini juga melihat apa saja yang menjadi penyebab sesak napas dan kapan sebaiknya seseorang yang mengalami sesak napas harus pergi ke dokter.

Cara mengobati sesak napas ringan yang tak membutuhkan penanganan medis

Apabila kamu tahu apa saja yang menyebabkan seseorang mengalami sesak napas dan jika penyebabnya bukan termasuk masalah darurat atau membutuhkan bantuan tenaga medis, tentunya kamu tak perluĀ  kuatir, karena kamu bisa mengobati masalah tersebut sendiri di rumah.

1. Ambil napas dalam-dalam

Napas tersengal dikenal sebagai dispnea. Untuk mengatasi masalah tersebut, kamu dapat mengambil napas dalam-dalam melalui perut.

Cara ini dapat membantu seseorang mengatasi sesak napas. Untuk melakukanĀ  cara ini di rumah, kamu harus:

  1. Berbaring, kemudian letakkan tangan di perut
  2. Bernapas dalam-dalam melalui hidung, melebarkan perut dan membiarkan paru-paru terisi udara
  3. Tahan napas selama beberapa detik
  4. Bernapas perlahan melalui mulut, kemudian kosongkan udara di paru-paru dengan meniupkannya dari mulut secara perlahan
  5. Ulangi cara ini selama 5 hingga 10 menit

Latihan ini dapat dilakukan beberapa kali sehari, atau apabila kamu mengalami sesak napas saja. Yang terpenting adalah menjaga pernapasan secara teratur dan tenang, hindari mengambil napas dengan cepat saat mengalami sesak napas.

2. Bernafas dengan bibir sedikit menutup

Latihan pernapasan lainnya juga dapat membantu meredakan sesak napas. Pernafasan dengan poisisi bibis sedikit menutup (sedikit memonyongkan bibir) dapat membantu mengurangi sesak napas.

Hal ini karena pada posisi tersebut dapat memperlambat laju pernapasan seseorang. Cara ini sangat berguna jika sesak napas terjadi disebabkan oleh perasaaan cemas. Misalkan karena grogi atau rasa was-was akan sesuatu hal.

Untuk mencoba cara bernafas seperti ini, seseorang harus:

  1. Duduk tegak di kursi dengan bahu santai
  2. Tekan bibir bersama-sama, monyonkan bibir sedikit seperti halnya bersiul
  3. Tarik napas melalui hidung selama beberapa detik
  4. Dengan lembut hembuskan udara melalui bibir yang mengerut selama empat sampai lima detik
  5. Terus menghirup dan menghembuskan napas dengan cara ini selama 10 menit
  6. Kamu dapat mencoba latihan ini kapan saja ketika kamu merasa sesak napas, dan mengulanginya hingga terasa lebih baik.

3. Menemukan posisi yang nyaman

Menemukan posisi yang nyaman baik untuk berdiri atau berbaring dapat membantu seseorang rileks dalam mengatur napas.

Jika sesak napas disebabkan oleh kegelisahan atau aktivitas yang berlebihan, cara ini sangat membantu.

Posisi berikut ini dapat mengurangi tekanan udara pada saluran pernapasan seseorang dan dapat meningkatkan sirkulasi pernapasannya:

  1. Duduk di kursi dengan meja di possi depan, akan lebih baik jika kursi memiliki penopang kepala
  2. Sandarkan kepala pada penopang tersebut sehingga bagian belakang tubuh kamu dapat tersandar dan merasa rileks
  3. Berdirilah dengan tangan ditopang di atas meja, untuk melepaskan beban dari kaki
  4. Kemudian berbaringlah dengan kepala dan lutut ditopang oleh bantal

4. Menggunakan kipas tangan

Penelitian menemukan bahwa menggunakan kipas tangan yang meniupkan udara ke seluruh hidung dan wajah dapat mengurangi masalah sesak napas. Kekuatan udara yang terhembus dapat membuat kamu lebihs merasakan lebih banyak udara yang masuk. Cara ini terbukti efektif dalam mengurangi masalah sesak napas.

Namun, para peneliti tidak menganjurkan menggunakan kipas angin. Di takutkan dapat memunculkan masalah atau penyakit baru, tentunya tergantung riwayat kesehatan seseorang. Ada baiknya menggunakan kipas genggam saja.

5. Menghirup uap air

Menghirup uap dapat membantu menjaga saluran hidung seseorang bersih, yang dapat membantu bernafas lebih mudah. Panas dan uap air dari memecah lendir di paru-paru, yang mungkin juga mengurangi sesak napas.

Untuk mencoba mengunakan cara ini, kamu harus:

  1. Isi mangkuk dengan air yang sangat panas
  2. Tambahkan beberapa tetes minyak esensial peppermint atau eucalyptus
  3. Letakkan wajah di atas mangkuk, dengan handuk di atas kepala
  4. Ambil napas dalam-dalam, hirup uapnya
  5. Penting untuk memastikan bahwa air dibiarkan sedikit dingin jika baru saja matang. Kalau tidak, uapnya bisa
  6. melepuhkan kulit.

6. Minum kopi hitam

Kopi dapat digunakan sebagai bahan alami dalam membantu mengobati sesak napas.
Minum kopi hitam dapat membantu mengatasi sesak napas, karena kafein di dalamnya dapat mengurangi kelelahan pada otot-otot jaringan pernapasan seseorang.

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa efek kafein dapat meningkatkan cara fungsi saluran napas pada penderita asma. Namun, penting untuk diingat bahwa minum kopi terlalu banyak dapat meningkatkan detak jantung seseorang. Yang terbaik adalah tetap memperhatikan asupan kafein yang masuk pada tubuh kamu ketika mencoba cara ini.

7. Mengkonsumsi jahe segar

Mengkonsumsi jahe segar, atau menambahkan air panas panas pada jahe sebagai minuman, dapat membantu mengurangi sesak napas yang disebabkan oleh infeksi pernapasan.

Sebuah studi menunjukkan bahwa jahe cukup efektif dalam memerangi virus RSV , penyebab umum infeksi saluran pernapasan.

Cara mengobati sesak napas di atas tak berhasl? Coba rubah gaya hidup
Tentunya, penyebab dari sesak napasu itu sendiri memang berbeda-beda, mungkin perubahan pada gaya hidup kamu dapat memperbaiki gejala tersebut.

Olahraga untuk meningkatkan kebugaran tubuh dapat membantu meningkatkan pernapasan seseorang.

Perubahan ini termasuk:

  1. Menurunkan berat badan, jika obesitas dikaitkan dengan masalah pernapasan
  2. Berolahraga untuk meningkatkan kesehatan dan kebugaran tubuh
  3. Menghindari olahraga dalam kondisi panas atau terlalu dingin
  4. Berhenti merokok dan menghindari asap rokok

Kasus masalah sesak napas

Beberapa orang mungkin mengalami sesak napas tiba-tiba dan hanya dalam waktu singkat saja. Mungkin ada juga yang mengalaminya lebih sering.

Sesak napas yang terjadi secara teratur mungkin memiliki penyebab umum, atau bisa jadi akibat dari masalah atau penyakit bawaan. Jika sesak napas terjadi tiba-tiba bisa berarti seseorang membutuhkan perawatan darurat. Berbagai penyebab di balik sesak napas seperti:

Penyebab umum sesak napas

Sesak nafas yang terjadi sesekali dapat disebabkan oleh:

  1. Kelebihan berat badan atau tidak berbentuk
  2. Merokok
  3. Alergen atau polutan di udara
  4. Suhu ekstrem
  5. Latihan berat
  6. Kegelisahan

Kondisi yang mendasarinya

Sesak napas yang terjadi cukup sering dapat disebabkan oleh kondisi yang lebih serius, seperti masalah jantung atau paru-paru.

Jantung dan paru-paru membantu membawa oksigen ke seluruh tubuh dan menyingkirkan karbon dioksida. Dengan demikian, gangguan pada kondisi tersebut dapat memengaruhi pernapasan seseorang.

Kondisi yang mendasari itu akan mempengaruhi jantung dan paru-paru dan yang dapat menyebabkan sesak napas.

Beberapa masalah karena permasalahan tersebut, diantaranya:

  1. Asma
  2. Anemia
  3. Penyakit paru obstruktif kronik (PPOK)
  4. Fungsi jantung abnormal
  5. Kanker paru-paru
  6. Penyakit paru-paru, seperti radang selaput dada atau TBC

Penyebab sesak napas akut

Ada juga beberapa penyebab sesak napas akut atau yang terjadi secara mendadak yang mengindikasikan kamu membutuhkan bantuan darurat medis. Masalah tersebut termasuk:

  1. Reaksi alergi berat
  2. Tersedak
  3. Gagal jantung
  4. Serangan jantung
  5. Jantung membesar
  6. Pneumonia
  7. Keracunan karbon monoksida
  8. Benda asing terhirup ke paru-paru

Kondisi sesak napas yang membutuhkan bantuan dokter

Beberapa orang mengalami sesak napas ringan terjadi cukup sering dan akan didiagnosis oleh dokter. Jika seorang dokter telah mendiagnosis penyebabnya, mencoba salah satu perawatan di atas dapat menjadi tindakan yang aman.

Ketika seseorang mengalami sesak napas untuk pertama kalinya tanpa mengetahui mengapa, kamu harus mendiskusikannya dengan dokter. Hanya dokter yang dapat memberikan diagnosis yang tepat.

Dalam beberapa kasus, sesak napas merupakan penyebab yang harus segera diperhatikan. Seseorang harus segera mencari perawatan medis jika:

  1. Mengalami sesak napas yang tiba-tiba dan parah
  2. Memiliki sesak atau sakit di dada

Nah, itulah beberapa cara mengobati sesak napas yang bisa kalian coba sendiri di rumah. Jika terjadi secara tiba-tiba, atau memang kalian menderita masalah pernapasan yang akut, segera hubungi dokter atau tenaga medis terkait.

Tinggalkan komentar