Beranda ยป Dalam Mengawetkan Makanan Harus Memperhatikan?

Dalam Mengawetkan Makanan Harus Memperhatikan?

Dalam mengawetkan makanan harus memperhatikan? Pengawetan makanan adalah sebuah bentuk dari cara yang dimana akan digunakan untuk melakukan pembuatan dari makanan yang akan memiliki daya simpan yang dimana lama dan juga untuk melakukan pertahanan dari sifat fisik dan kimia dari sebuah makanan.

Dalam melakukan pengawetan juga kita akan haruslah memperhatikan ragam jenis bahan makanan yang akan dilakukan pengawetan. Kemudian pada saat ini sudah ada berbagai macam bentuk teknologi pengawetan makanan yang dilakukan pengembangan dalam skala industri. Dalam proses pengawetan tentu ada beberapa hal yang harus diperhatikan

Lantas, apa sih hal yang harus diperhatikan dalam mengawetkan makanan?

Jawabannya adalah nilai dan gizi makanan

Dalam porsi makan setiap hari, masyarakat diminta untuk memperhatikan komposisi gizi yang seimbang dari makanan tersebut. Di antaranya harus memiliki kandungan karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral.

Porsi makan dengan nutrisi seimbang bisa didapatkan dengan mengkonsumsi banyak sayuran dan buah-buahan. Kebiasaan mengonsumsi lauk yang mengandung protein tinggi juga harus dilakukan. Termasuk juga membatasi konsumsi makanan manis, asin dan berlemak, dan membiasakan diri untuk sarapan, sebelum beraktivitas. Beberapa kandungan penting dalam gizi seimbang, meliputi:

Karbohidrat

Karbohidrat merupakan sumber energi utama. Karbohidrat memiliki kandungan gula atau rasa manis. Karbohidrat yang berlebih bisa mengakibatkan obesitas, diabetes, namun jika asupan karbohidrat kurang juga tidak baik karena bisa menyebabkan kekurangan gizi.

Protein

Dalam menjaga pertumbuhan dan pemeliharaan tubuh, peran protein tentu begitu penting. Kualitas protein bisa ditentukan oleh asam amino yang ada pada makanan tersebut. Contohnya adalah telur, daging merah dan susu adalah salah satu jenis makanan yang memiliki protein berkualitas tinggi.

Protein hewani, mengandung asam amino esensial lengkap. Tetapi hati-hati karena jenis protein ini biasanya rendah serat dan tinggi lemak. Sementara protein sayuran, tidak mengandung asam amino tersebut dan rendah lemak (lemak jenuh).

Lemak

Sumber energi dalam menjaga suhu tubuh adalah lemak. Lemak jenuh, biasanya berbentuk padat. Seperti keju, mentega dan lemak dalam daging. Sementara lemak tak jenuh biasanya cair apabila berada di suhu ruang.

Vitamin

Vitamin dibagi menjadi dua, yang yang larut dalam lemak dan larut dalam air. Vitamin yang larut dalam lemak adalah vitamin A yang dikenal baik untuk kesehatan mata, vitamin D untuk kesehatan tulang dan gigi, vitamin E untuk antioksidan dan kesehatan kulit, dan vitamin K membantu pembekuan darah sehingga mengeringkan luka lebih cepat..

Vitamin yang larut dalam air adalah vitamin B kompleks yang berfungsi sebagai metabolisme, dan vitamin C sebagai antioksidan.

Mineral

Zat ini berfungsi sebagai elektrolit bagi tulang dan gigi, fungsi darah dan sistem kekebalan tubuh, serta sebagai antioksidan.

Jadi dalam mengawetkan makanan kamu harus memperhatikan poin-poin tersebut.