Manfaat Buah Kedondong

11 Manfaat Buah Kedondong, Tak Banyak yang Tahu

Kedondong adalah nama buah yang berasal dari keluarga anacardiaceae. Hal ini berarti bahwa buah-buahan dengan kulit hijau ini masih sejenis dengan mangga. Kedondong sendiri merupakan spesies endemik buah di asia selatan dan asia tenggara. Di Indonesia, tekstur buah ini keras dengan rasa pahit dan sering ditemui di wilayah jawa (Jepara, Jawa Tengah).

Selain lezat dan menyegarkan, berbagai nutrisi dalam kedondong juga bisa memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Beberapa manfaat kedondong untuk kesehatan, yaitu:

1. Manfaat kedondong untuk menjaga kesehatan kulit

Vitamin c di buah ini dapat membantu memperbaiki kulit yang rusak. Buah ini juga dapat meningkatkan keindahan kulit. Bahkan daun atau akar kedondong dipercaya dapat menyembuhkan penyakit kulit dan melembabkan kulit.

2. Manfaat kedondong untuk mengatasi batuk

Buah kedondong memiliki manfaat dalam mengobati batuk karena sifat anti-mikroba. Kamu dapat mengkonsumsi dua atau tiga potong kedondong, kemudian  parut dan peras menjadi jus. Bisa juga dengan menambahkan sedikit garam sebelum makan tiga kali sehari untuk meringankan masalah batuk.

3. Manfaat kedondong untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kandungan vitamin c dalam buah kedondong dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, buah ini juga dapat mendorong pembentukan kolagen dan mempercepat proses penyembuhan luka. Antioksidan dalam kedondong juga dapat membantu mencegah kerusakan sel-sel tubuh terhadap radikal bebas yang berbahaya.

4. Manfaat kedondong untuk membantu mengatasi masalah pencernaan

Serat makanan yang terkandung dalam kedondong dapat membantu mengatasi masalah pencernaan. Buah ini direkomendasikan untuk orang yang menderita sembelit dan gangguan pencernaan. Selain itu, kandungan air yang tinggi di kedondong juga bisa mencegah dehidrasi dan memperburuk masalah pencernaan.

5. Manfaat kedondong untuk meningkatkan kemampuan penglihatan

Buah kedondong merupakan sumber vitamin A yang penting untuk penglihatan. Kehadiran retinol (senyawa vitamin A) dapat membantu memberikan manfaat untuk menjaga kesehatan retina mata.

6. Manfaat kedondong untuk menurunkan berat badan

Kedondong merupakan buah dengan kandungan rendah lemak dan kalori, namun tetap memiliki nutrisi yang diperlukan untuk tubuh.

Buah ini merupakan buah yang ideal untuk menurunkan berat badan karena serat yang tinggi dan air yang dapat memberikan rasa kenyang, sehingga bisa mencegah makan berlebihan.

7. Manfaat kedondong untuk memberikan energi

Kedondong memiliki kadar gula tinggi, khususnya dalam bentuk sukrosa. Zat ini akan membantu memberikan energi alami sehingga dapat digunakan untuk meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh.

8. Manfaat kedondong untuk mencegah penyakit jantung

Kandungan kalsium kedondong memiliki peran dalam menjaga kesehatan jantung. Jadi konsumsi kedondong secara teratur dapat mengobati penyakit jantung.

9. Manfaat kedondong untuk mengatasi anemia

Kandungan zat besi dalam 100 gram kedondong sampai 30 mg dapat membantu pembentukan sel-sel darah merah. Selain itu zat besi pada buah kedondong juga mengandung vitamin B1 yang dapat membantu memproduksi sel darah merah, sehingga meningkatkan aliran oksigen ke seluruh tubuh dan mencegah anemia.

10. Manfaat kedondong untuk mengatur kadar kolesterol

Buah ini juga mengandung vitamin C yang membantu mengatur kolesterol dalam metabolisme asam empedu. Dengan demikian, kedondong mampu mengendalikan kolesterol dalam tubuh.

11. Manfaat kedondong untuk menjaga tulang dan gigi

Selain mengendalikan kolesterol tubuh, kedondong juga mengandung fosfor yang bermanfaat untuk kesehatan tulang dan gigi.

Nah, itulah 11 manfaat buah kedondong untuk kesehatan kamu. Jika kamu tertarik ingin merasakan manfaat buah ini, kamu bisa mengkonsumsinya dalam bentuk rujak.

Tinggalkan komentar