Home » Buah » 11+ Manfaat Buah Kersen Untuk Kesehatan

11+ Manfaat Buah Kersen Untuk Kesehatan

Manfaat-Buah-Kersen

Mungkin kamu tidak begitu akrab dengan buah yang satu ini. Memang, buah yang disebut sebagai cherry-nya Indonesia ini dikenal juga dengan nama baleci.

Buah ini tergolong sebagai tanaman liar yang cepat tumbuh dengan ketinggian mencapai 5-10 meter. Terkenal karena daunnya berbulu lengket dengan buah bulat kecil merah saat matang, daging buah ini juga seperti biji kecil dan memiliki rasa manis.

Ternyata banyak orang tahu tidak tahu jika buah ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Untuk kamu yang penasaran dengan buah ini, berikut ini beberapa manfaat buah kersen untuk kesehatan.

11 Manfaat Buah Kersen Untuk Kesehatan

1. Tinggi kandungan vitamin A dan beta-karoten

Diperkaya dengan vitamin A dan beta-karoten yang tinggi, buah kersen memiliki kandungan yang dibutuhkan untuk mata. Terutama menjaga kesehatan retina mata  dan melindungi kesehatan mata.

2. Mengurangi rasa sakit yang disebabkan asam urat

Pasien dengan asam urat sering mengalami sakit luar biasa. Ternyata, buah kersen terbukti mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh asam urat. Selain itu, kamu juga dapat menggunakan daunnya.

Bagaimana cara memanfaatkannya? Yaitu dengan merebus daun ini dengan air hingga matang, biarkan dingin dan saring airnya, lalu minum secara teratur setiap hari.

3. Sebagai antiseptik untuk membunuh mikroba berbahaya

Sifat antiseptik daun kersen berasal dari senyawa tanin, flavonoid dan saponin. Sehingga dapat menekan pertumbuhan bakteri berbahaya seperti C. diphtheriae, S. aureus, P. vulgaris, S. epidermidis, dan K. Rhizophil. Cukup dengan makan daun buah ini atau minum air matang rebusan daunnya maka kamu bisa merasakan manfaat tersebut.

4. Membantu menurunkan berat badan

Bagaimana bisa? Yup, karena buah kersen mengandung karbohidrat yang cukup sehingga dapat menahan rasa lapar. Karena itu, buah ini juga bisa lho kamu jadikan sebagai camilan sehat.

5. Mencegah dan menghilangkan jerawat

Bagi kamu yang memiliki masalah jerawat di wajah, coba manfaatkan buah kersen sebagai masker. Caranya, haluskan buah kersen dan gosokkan pada kulit berjerawat.

Atau kamu juga dapat langsung menerapkan dengan menekan buah kersen dengan tangan, lalu gunakan air di dalamnya untuk dioleskan ke bagian kulit. Lakukan perawatan ini sebelum tidur setiap malam.

6. Memiliki sifat anti-tumor yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker

Kandungan antioksidan dalam buah kersen berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga dapat melawan penyebab kanker radikal bebas dan tumor. Antioksidan ini berasal dari vitamin A, C, dan beta-karoten di dalamnya. Rata-rata flavonoid yang dimiliki oleh daun kersen diketahui dapat menghambat pertumbuhan sel kanker.

Jadi makanlah secara teratur karena manfaat buah kersen sangat efektif dalam menghambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.

7. Menurunkan tekanan darah tinggi

Buah kersen memiliki potassium yang mampu mengontrol dan menstabilkan tekanan darah. Dengan kembalinya tekanan darah ke keadaan normal, maka bisa membantu menurunkan resiko stroke karena tekanan darah yang terlalu tinggi.

8. Menjaga kesehatan kulit dan membuat awet muda

Antioksidan, termasuk vitamin C di buah kersen sangat efektif dalam mencegah tanda penuaan dini, sehingga kulit akan terlihat lebih awet muda dan kenyal. Selain itu, makan buah-buahan kaya vitamin C juga akan membuat kulit menjadi bersinar lebih alami.

9. Anti-inflamasi untuk menurunkan demam

Anti inflamasi hadir dalam buah kersen ini berguna untuk mencegah peradangan juga meredakan masalah demam. Konsumsi buah ini secara teratur atau bisa juga minum rebusan daunnya.

10. Menjaga kesehatan jantung

Ekstrak daun kersen juga dikenal untuk melindungi miokardium. Miokardium sendiri merupakan lapisan otot jantung yang bertanggung jawab untuk memompa jantung dan memasoknya ke seluruh tubuh melalui darah. Konsumsi secara teratur daun kersen bisa membantu menurunkan masalah ini secara signifikan.

11. Menyembuhkan diabetes

Buah kersen cocok untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Senyawa kimia dalam daunnya diyakini sangat efektif dalam mengendalikan insulin, sehingga metabolisme gula dapat berjalan dengan baik. Cara membuat ramuannya yaitu dengan merebus 50-100 gram daun kersen bersama seliter air hingga tersisa hanya setengah liter saja. Minumlah secara teratur di pagi dan sore hari.

8 Manfaat Buah Kersen Untuk Kesehatan

Sekilas tentang manfaat buah kersen. Tanaman atau pohon kersen memiliki nama latin Muntingia calabura. Pohon kersen adalah tanaman yang berasal dari Amerika namun sekarang dapat ditemukan di hampir semua negara-negara tropis.

Adapun nama-nama lain, buah kersen juga sering disebut sebagai Jamaika kersen, Panama kersen, sampai Cotton Candy berry. Buah kersen memiliki tekstur berair dan lembut isinya. Isi buah ini memiliki rasa yang sangat manis dan mengandung ratusan biji kecil.

Pohon kersen dikenal sebagai pohon yang bisa tumbuh dimana saja, termasuk di kondisi tanah yang buruk. Pohon ini juga tahan kondisi dan iklim kering. Buah kersen akan terus dan setiap pohon akan terus menghasilkan buah sepanjang tahun.

Buah kersen sering dianggap sebagai tanaman liar yang tidak layak. Bahkan selain tempat tinggal, daun dan kersen buah juga memiliki manfaat bagi tubuh. Berikut adalah beberapa manfaat buah kersen yang harus diketahui:

1. Meredakan pilek dan flu

Manfaat buah kersen pertama adalah membantu mengatasi pilek dan flu. Kondisi ini biasanya terjadi sebagai akibat dari kekebalan tubuh yang menurun sistem. Konsumsi makanan tinggi vitamin C dapat membantu mengembalikan sistem kekebalan tubuh.

Buah kersen memiliki kandungan tinggi vitamin C yang dapat membantu untuk mempercepat penyembuhan pilek dan flu. Kandungan vitamin C dalam buah kersen dapat membantu tubuh untuk menyingkirkan patogen yang menyerang tubuh dengan lebih efisien.

2. Mengontrol gula darah

Rasanya memang manis, tapi aman bagi penderita diabetes, bahkan diyakini dapat mengontrol kadar gula darah. Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Asia Pacific Journal of Tropical Biomedik pada tahun 2011, ditemukan bahwa ada penurunan kadar gula darah secara signifikan setelah pemberian ekstrak buah kersen.

Hal Ini membuktikan bahwa buah kersen memiliki kemampuan untuk mengontrol gula darah sehingga bisa dikonsumsi oleh penderita diabetes. Buah kersen dapat membantu menstabilkan gula darah atau bahkan menurunkan dosis injeksi insulin.

3. Mengatasi masalah pencernaan

Manfaat buah kersen berikutnya adalah untuk mengatasi berbagai masalah pencernaan. Buah ini dipercaya sebanding dengan efek obat Omeprazole. Obat ini sering digunakan untuk mengobati sakit perut, mulas, sampai GERD.

Sebuah studi 2012 yang diterbitkan oleh Clinical and Experimental Farmakologi menemukan pemberian kersen sebelum pemberian etanol, dapat mengurangi pembentukan ulkus lambung.

Manfaat buah kersen diyakini diperoleh karena sifat antiinflamasi. Selain itu buah kersen juga dipercaya untuk menetralisir asam lambung dan memberikan lapisan pelindung pada mukosa perut.

4. Meredakan asam urat

Penyakit asam urat adalah kondisi dimana terjadinya peradangan yang disebabkan oleh terlalu banyak kristal pada sendi. Kondisi Ini bisa menyebabkan sakit yang luar biasa dan pembengkakan. Manfaat buah kersen adalah untuk mengatasi gejala-gejala ini. Asam urat bisa kambuh karena konsumsi makanan tertentu dan akibat kekurangan air. Sifat anti-inflamasi dalam kersen diyakini mampu mengurangi asam urat yang ada di sendi.

5. Mengatasi infeksi bakteri

Infeksi bakteri dapat diobati dengan antibiotik. Dilansir dari Hidup Hack, sekarang bakteri lebih mudah bermutasi dan menjadikannya lebih kuat sampai harus diobati dengan antibiotik.

Terlalu sering menggunakan antibiotik juga dapat memicu mutasi bakteri berkembang semakin kuat. Buah kersen memiliki sifat antibakteri dan antibiotik alami yang dapat mengatasi infeksi bakteri, difteri, sepsis, dan Staph.

6. Sumber antioksidan

Radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan sel dalam tubuh. Oleh karena itu, tubuh membutuhkan antioksidan untuk menetralisir radikal bebas yang menyerang tubuh.

Sama seperti daun, buah kersen juga tinggi antioksidan, sehingga dapat menjadi sumber antioksidan bagi tubuh. Kersen memiliki sekitar 24 flavonoid dan fenol di dalamnya. Ini menandakan jika buah ini kaya akan antioksidan.

7. Sumber nutrisi

Kersen sangat umum ditemui di Indonesia. Hal ini membuat banyak orang tidak menyadari bahwa kersen memiliki banyak nilai gizi. Kandungan yang terkandung dalam buah ini termasuk serat, protein, karbohidrat, kalsium, fosfor, vitamin B dan zat besi. Buah kersen yang dijual di beberapa negara kebanyakan juga diolah menjadi jeli, atau bahkan suplemen.

8. Menjaga kesehatan jantung

Daun dan buah kersen juga memiliki manfaat untuk kesehatan jantung. Kersen memiliki kemampuan untuk meningkatkan aliran darah dan membuat jantung sehat. Jika aliran darah ke jantung tidak lancar, hati akan berpotensi rusak.

Konsumsi buah kersen dan daunnya dapat membantu kamu mendapatkan manfaat baik untuk jantung dan terhindar dari penyakit kardiovaskular.

Jadi, itulah manfaat mengejutkan yang dimiliki oleh buah kersen untuk kesehatan tubuh kamu. Mulai sekarang, jangan lagi meremehkan pohon kersen yang tumbuh liar di sekitar rumah kamu ya! Ternyata manfaat buah kersen terbilang luar biasa bagi kesehatan dan kecantikan.