Home » Herbal » 11 Manfaat Cuka Apel untuk Wajah dan Cara Menggunakannya

11 Manfaat Cuka Apel untuk Wajah dan Cara Menggunakannya

Apa saja manfaat cuka apel untuk wajah dan cara menggunakannya? Wajah sehat dan cantik tentu dambaan semua orang, baik wanita maupun pria.

Sayangnya wajah sering mengalami masalah seperti jerawat, kulit kusam, kering, dan sebagainya. Masalah-masalah ini membuat kepercayaan diri berkurang.

Oleh karena itu, banyak orang yang rela menghabiskan banyak uang untuk mempercantik wajah mereka.

Mengingat uang yang dihabiskan tidak kecil, tidak ada salahnya mencoba cara alami yang terkenal, murah dan bermanfaat. Ada berbagai cara yang dapat dilakukan, salah satunya adalah dengan menggunakan cuka apel.

Cuka apel adalah bahan yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kulit. Selain kaya akan asam asetat, sitrat, malat dan asam amino, cuka apel juga mengandung vitamin, enzim dan garam mineral, yang bermanfaat untuk kulit. Tak heran, banyak manfaat cuka apel untuk kesehatan dan kecantikan.

Cuka apel juga dapat membantu menurunkan berat badan hingga masalah diabetes. Umumnya, cuka apel memiliki antibakteri, antijamur, dan antivirus. Ketika cuka ini digunakan dengan benar, seolah bisa membuat ‘keajaiban’ untuk kulit kamu.

Namun tetap saja, penggunaan cuka apel harus hati-hati, karena dapat menyebabkan masalah kulit. Bisa membuat iritasi serius ketika jika langsung dioleskan ke wajah, seperti luka bakar hingga lecet.

Nah, apa yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan manfaat cuka apel untuk wajah lebih cantik dan bagaimana menggunakannya dengan benar? Berikut ini ulasannya.

1. Mengatasi jerawat

Jika ingin menghilangkan jerawat yang membandel, siapkan sebotol cuka apel. Sifat antibakteri dan antijamur cuka ini membantu kulit terbebas dari pori-pori membesar, bakteri, minyak dan debu. Caranya, campuran cuka apel dengan air, lalu ng dan tuangkan ke dalam mangkuk. Rendam bola kapas dalam larutan, kemudian oleskan pada jerawat wajah. Diamkan selama 10 menit lalu bilas dengan air hangat. Terapkan cara ini beberapa kali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Bersihkan pori-pori

Cuka apel memiliki sifat astringent yang membantu dalam meningkatkan aliran darah ke kulit dan dapat mengecilkan pori-pori. Cara ini bisa menjadi obat yang bagus untuk kulit berminyak. Karena cuka apel dipercaya untuk mengatur tingkat pH kulit.

Caranya, campurkan cuka ini dengan air. Kemudian ng ke dalam wadah. Tambahkan beberapa tetes minyak esensial. Terapkan ke wajah menggunakan bola kapas. Diamkan selama beberapa menit, bilas dengan air dingin. Lakukan setelah dua kali sehari.

3. Memudar lukas bekas jerawat

Cuka apel mengandung asam suksinat, yang akan membantu proses pengelupasan kulit mati. Hal ini juga dapat meredakan peradangan akibat jerawat. Laktat cuka ini juga dapat memperbaiki kondisi kulit orang yang menderita jerawat. Bagaimana caranya, larutkan beberapa tetes cuka apel dengan air, oleskan pada bekas jerawat. Diamkan selama 10 menit, bilas dengan air bersih.

4. Kulit lebih kencang

Dilansir dari HealthLine, cuka apel dapat digunakan sebagai toner dan mencuci muka. Cuka apel dapat mencegah kerusakan dan mengencangkan kulit wajah secara alami. Kamu dapat menggunakan cuka apel langsung pada wajah, tetapi jika kamu mencobanya sedikit dan kulit terasa terbakar, cobalah untuk mencairkan dengan menambahkan air.

5. Mengelupaskan kulit mati

Cuka apel akan menenangkan kulit dan membuatnya lembut dan lentur. Alpha asam hidroksil dapat menghilangkan sel-sel kulit mati dan membuat sel-sel kulit baru yang sehat. Cara menggunakan juga mudah, tuangkan cuka apel ke bak air hangat. Rendam tubuh kamu pada selama 15 sampai 20 menit. Biarkan meresap ke dalam kulit. Lakukan cara ini saat mandi secara teratur untuk mempertahankan tingkat pH kulit.

6. Menghilangkan kutil di wajah.

Kutil dapat tumbuh di mana saja pada area kulit, termasuk wajah. Kamu dapat menghilangkan kutil yang membandel dengan cuka apel. Campur cuka apel dengan air, kemudian rendam kapas atau kain lembut. Kompreskan pada wajah berkutil. Lakukan cara ini beberapa kali secara teratur.

7. Mengurangi bintik-bintik gelap pada wajah

Cuka apel mengandung alpha hydroxy acid, yang dapat menghilangkan kulit mati dan membuat kulit sehat dan bercahaya. Cuka apel juga membantu menghilangkan bintik-bintik atau flek hitam bahkan menghapus garis-garis halus penuaan dan kerutan.

Bagaimana memanfaatkan cuka apel untuk masalah ini? Mudah, cukup campurkan dengan air, lalu gunakan untuk pembilasan wajah. Diamkan selama 30 menit sampai wajah kering, bilas dengan air bersih. Lakukan rutinitas ini dua kali sehari selama 6 minggu untuk melihat perbedaannya.

8. Seimbangkan pH kulit

Kamu tahu? Keseimbangan pH sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit. pH yang tidak seimbang membuat masalah ketombe pada kulit kepala dan berbagai masalah kulit lainnya. Keseimbangan pH juga penting untuk mencegah masalah di area wajah. Trik memanfaatkannya, yaitu mencampurkan cuka apel dan air dengan perbandingan 1: 2, kemudian gunakan sebagai toner wajah agar kulit lebih sehat.

9. Menghilangkan keriput

Cuka apel dapat digunakan sebagai pengganti perawatan kulit wajah. Cuka ini dapat membantu mencegah penuaan dini secara efektif, khususnya untuk mencegah keriput.

Ambil sedikit balsamic vinegar pada bola kapas dan oleskan ujungnya langsung pada wajah keriput. Diamkan selama sekitar 30 menit dan bilas dengan air dingin. Ulangi cara ini dua kali sehari selama 6 minggu sampai kamu merasakan perubahan.

10. Menghilangkan racun dari kulit

Cuka apel dapat mendetoksifikasi kulit sehingga lebih sehat, indah, dan bersih. Termasuk juga untuk menghilangkan racun yang ada di wajah sehingga wajah lebih bersih. Membuat larutan cuka apel untuk masalah ini yaitu dengan mencampurkan air dengan proporsi yang sama, sama-sama 50 persen. Oleskan campuran tersebut pada kulit tangan untuk menguji efek. Jika tidak membakar kulit, oleskan pada wajah.

11. Mengatasi kulit terbakar yang disebabkan oleh sengatan matahari

Cuka apel diyakini bisa membantu menyembuhkan kulit terbakar sengatan matahari. Gunakan cuka apel untuk membantu meringankan rasa sakit dan mempercepat proses penyembuhan. Caranya, campurkan setengah cangkir cuka apel dengan 4 gelas air. Celupkan kain ke dalam campuran air, oleskan pada kulit terbakar sinar matahari, lalu pijat dalam beberapa waktu. Ulangi cara ini beberapa kali selama beberapa hari sampai kondisi membaik wajah.

Nah, itulah 11 manfaat cuka apel untuk wajah dan cara menggunakannya. Bagaimana, kamu tertarik mencobanya?

Pertanyaan seputar manfaat cuka apel untuk wajah

Apakah cuka apel aman untuk wajah?


Beberapa contoh kasus yang dilaporkan menyatakan jika asam cuka apel dapat menyebabkan luka bakar kimia pada kulit, terutama jika dibiarkan dalam waktu yang lama. Kemungkinan risiko ini membuat sebagian besar dokter kulit dan kecantikan tidak merekomendasikan menggunakan cuka sari apel pada wajah.

Apakah toner cuka apel aman digunakan setiap hari?


Selain malam, penggunaan cuka sari apel untuk tujuan kecantikan sehari-hari sebenarnya belum studi yang memvalidasi jika cuka sari apel benar-benar bermanfaat untuk kesehatan kulit dan aman digunakan sehari-hari.

Cara menggunakan cuka sari apel pada wajah?


Pastikan kulit bersih, lalu masukan kapas dalam cuka apel yang telah dilarutkan dengan air, peras air berlebih dan kemudian usapkan pada wajah. Hindari daerah mata untuk mencegah iritasi. Mungkin kulit akan terasa sedikit terbakar, tapi biasanya hal ini tidak terlalu menyengat.

Apa efek samping dari cuka sari apel?


Konsumsi dan penggunaan yang berlebihan dapat merusak kulit, kerongkongan, email gigi, dan lapisan perut karena tingginya kadar asam sitrat di dalamnya. Selain itu, penggunaan langsung dari cuka sari apel pada kulit dapat menyebabkan iritasi, ruam, dan sensasi rasa terbakar.

Apakah cuka baik untuk wajah?


Menggunakan cuka apel pada wajah dapat membantu mencerahkan kulit secara alami. Sifat zat cuka sari apel bisa menjaga keseimbangan PH kulit. Asam asetat alami dalam cuka ini membantu mengangkat sel kulit mati, sehingga bisa membantu mencerahkan kulit.

Berapa kali penggunaan cuka sari apel pada wajah?


Wajah bisa saja terlihat bersih. Namun perlu diingat, cuka apel bisa membuat kulit menjadi kering. Setelah menerapkannya pada wajah maka segera gunakan pelembab. Sebaiknya, menggunakan cuka sari apel sebagai toner sekali atau dua kali seminggu saja.

Apakah cuka sari apel dapat menghapus bruntusan?


Cuka sari apel juga dapat membantu mengurangi peradangan karena memiliki antibakteri dan antimikroba. Gunakan dua sendok makan cuka sari apel dicampur dengan 15 sendok makan air hangat. Terapkan untuk kulit bruntusan di wajah, biarkan selama 20 menit, lalu bilas. Gunakan campuran ini setiap mencuci wajah.

Berapa lama menghilangkan jerawat dengan cuka sari apel?


Berapa lama menghilangkan jerawat dengan cuka sari apel?
Campurkan 1 bagian cuka sari apel dengan air, dan masukan kemudian ke sebuah botol semprot kosong. Semprotkan campuran ke daerah wajah berjerawat dan biarkan selama 15-20 menit sampai kering.