Manfaat Cuka Apel

7 Manfaat Cuka Apel untuk Wajah Lebih Sehat dan Cantik

Kamu yang suka memasak pasti sudah akrab dengan cuka sari apel alias cuka sari. Jenis cuka ini sering digunakan dalam berbagai resep masakan. Cuka sari apel adalah sejenis minuman yang diperoleh dari fermentasi jus apel. Dalam proses fermentasi, gula dalam apel diubah menjadi asam asetat yang merupakan bahan aktif dalam cuka. Selain asam asetat, cuka juga mengandung vitamin (A, B1, B2, B6, C, dan E), kalium, kalsium, dan magnesium.

Tidak hanya itu, cuka apel juga menyimpan manfaat untuk membantu menjaga kesehatan dan kecantikan kulit wajah kamu. Silahkan simak ulasan berikut untuk mengetahui beberapa manfaat cuka sari apel untuk wajah.

Manfaat Cuka Apel untuk Wajah Lebih Sehat dan Cantik

Selain berbagai manfaat kesehatan jenis cuka ini juga bisa digunakan untuk membersihkan dan mencerahkan wajah. Berikut ini beberapa manfaat cukap apel untuk wajah cantik dan sehat lainnya.

1. Kurangi kerutan penuaan

Jika kamu berhati-hati dan rajin mencari bahan kosmetik dan produk kecantikan, kamu akan menemukan bahwa salah satu unsur yang digunakan adalah Alpha Hydroxy Acid atau AHA. AHA yang merupakan senyawa kimia yang sering kamu gunakan.

Untungnya, senyawa yang sama dapat kamu temukan di cuka apel (Apple Cider Vinegar). Tidak mengherankan, banyak ahli menyebut bahwa cuka sari apel dapat membantu menghilangkan kulit mati dan mendorong pembentukan sel-sel kulit baru yang sehat sehingga kulit tetap terjaga.

2. Mengatasi jerawat di wajah

Sering tidak nyaman dengan masalah jerawat membandel? Terutama jika kamu ingin bertemu dengan gebetan. Bisa bikin malu deh jika ada jerawat! Nah, cuka apel juga bermanfaat untuk membantu mengatasi jerawat membandel di wajah kamu.

Cuka sari apel diketahui mengandung asam malat yang berfungsi sebagai anti-bakteri dan anti-jamur. Penggunaan cuka ini secara teratur pada wajah tentu akan menghindari pencampuran kotoran, minyak, dan bakteri yang menyebabkan jerawat.. Tidak mengherankan, cuka ini bisa menjadi solusi menghilangkan jerawat.

3. Menyeimbangakn pH kulit

Kamu sering merasa kulit wajah terlalu berminyak? kulit terlalu kering? Atau, kulit kaku dan tidak elastis? Hal ini dapat disebabkan oleh pH wajah yang kurang seimbang. Nah, buruknya! kekurangan pH dapat mengundang gangguan kulit lainnya.

Jangan khawatir! kamu dapat menggunakan cuka sari apel untuk membantu keseimbangan pH wajah. Isi dari cuka apel mirip dengan pH lapisan pada kulit sehingga membuat cuka ini cocok untuk penggunaan sehari-hari atau untuk mengobati dan mencegah kulit dari kering atau minyak.

4. Mencegah keriput di wajah

Bagi kamu yang mulai khawatir tentang keriput, coba gunakan cuka sari apel setiap hari di wajah. Kandungan asam dalam apel memberikan manfaat untuk mengurangi garis-garis halus yang muncul di wajah, sehingga kamu akan terlihat lebih muda, menarik dan memikat.

5. Hilangkan racun dari kulit wajah

Polusi dan radikal bebas menjadi kendala yang muncul di kulit wajah kamu. jika dibiarkan akan menyebabkan kusam atau timbulnnya banyak jerawat dan mengurangi pesona wajah cantik. Bahkan, radikal bebas dapat menyebabkan kanker kulit, tentu saja kamu ingin menghindari masalah tersebt bukan?

Untuk itu, kamu dapat menggunakan cuka sari apel untuk membersihkan kulit dan membuang racun penyebab kulit kusam dan jerawat. Beta-karoten dalam cuka apel juga membantu mencegah kerusakan kulit. Selain itu, kulit mati dapat dihilangkan dengan cuka ini sehingga wajah kamu tetap indah dan terawat. Beta-karoten dalam cuka apel juga membantu mencegah kerusakan kulit.

6. Kecilkan pori-pori

Seperti yang sudah disebutkan di atas, cuka apel mengandung Alpha Hydroxy Acid yang membantu mendorong pembentukan sel-sel kulit baru sehingga penampilan kamu akan menonjol dengan kulit wajah yang indah, cerah dan menawan.

Tidak hanya itu, kandungan AHA dikenal untuk mengecilkan pori-pori kulit yang membuat kulit halus untuk disentuh. AHA juga memaksimalkan konten pigmentasi kulit yang membuat wajah cerah kulit.

7. Mengatasi kulit terbakar matahari

Kemampuan cuka apel bermanfaat untuk menyeimbangkan kadar pH kulit, membantu kamu mengatasi masalah kulit terbakar matahari, mempercepat penyembuhan, dan mencegah kulit terbakar, lecet dan terkelupas.

Eits, tapi tunggu dulu, kamu disarankan untuk tidak menerapkan cuka sari apel langsung ke kulit kamu. Tambahkan sedikit air sebelum kamu menerapkan cuka ini pada kulit wajah.

Cara Memanfaatkan Cuka Apel untuk Wajah

Berikut ini adalah beberapa cara memafaatkan cuka apel yang bisa kamu terapkan di rumah.

  • Masker wajah

Bagi kamu yang memiliki kulit kering, kamu bisa mencoba untuk membuat masker wajah ini. Kamu hanya perlu untuk mencampur 2 sendok makan madu dengan 1 sendok makan cuka sari sampai rata. Setelah itu, oleskan pada wajah yang telah dibersihkan, lalu diamkan selama 20 menit. Bilas dengan air hangat, kemudian bilas lagi dengan air agak dingin. Masker ini bisa digunakan seminggu tiga kali untuk menenangkan kulit yang rusak, melembabkan kulit, menyeimbangkan pH kulit, dan mengatasi kulit kering.

Agar masker wajah ini memiliki efek pencerah kulit, kamu dapat menambahkan 2 sendok makan campuran krim asam di atas masker wajah. Masker ini bisa digunakan 2 kali seminggu untuk melembabkan kulit, membantu terkelupas kulit mati, kulit mencerahkan, mengecilkan pori-pori, menghapus bekas jerawat dan mencegah jerawat.

  • Toner wajah

Toner biasanya digunakan setelah proses pembersihan wajah untuk membantu membersihkan sisa minyak dan make up pada wajah. Toner juga membantu menenangkan dan menghaluskan kulit.

Cuka sari apel juga dapat kamu gunakan dalam toner wajah. Untuk membuatnya, campurkan air dengan cuka sari apel dalam rasio 1: 2. Misalnya, campurkan 100 ml cuka sari dengan 200 ml air. Setelah itu, oleskan toner ini dengan katun lembut untuk mengurangi tanda-tanda penuaan dan membantu untuk menyehatkan kulit. Tapi ingat, jika kulit kamu termasuk kulit sensitif, cuka apel harus dicampur dengan air yang lebih untuk membuatnya lebih likuid.

  • Obat jerawat di wajah

Cuka sari apel memiliki fungsi sebagai anti-bakteri dan anti-virus untuk tubuh kamu. Oleh karena itu, jangan heran jika cuka apel banyak digunakan sebagai obat jerawat ampuh. Gunakan cuka sari apel sedikit dicampur dengan air pada kulit yang memiliki jerawat masalah.

Campur cuka sari apel dengan air dengan perbandingan 1: 3, misalnya, 100 ml cuka sari dicampur dengan 300 ml air. Setelah itu, oleskan campuran cuka sari apel adalah daerah kulit jerawat bermasalah. Diamkan selama sekitar 5-20 detik, lalu bilas dengan air dan keringkan. Bahkan bekas jerawat perlahan akan menghilang dengan pemakaian teratur cuka sari apel.

Nah, itulah beberapa manfaat cuka apel untuk wajah yang bisa kamu coba. Sebaiknya kamu cek terlebih dahulu apakah kulit kamu termasuk kulit sensitif atau tidak. Jika kulit kamu sensitif, segera hentikan pemakaian.

Tinggalkan komentar