Home » Herbal » 15 Manfaat Daun Binahong untuk Kesehatan, Khususnya untuk Pria

15 Manfaat Daun Binahong untuk Kesehatan, Khususnya untuk Pria

15 Manfaat daun binahong untuk kesehatan, apa saja itu? Beberapa orang Indonesia masih asing dengan daun binahong yang merupakan salah satu tanaman obat. Manfaat daun binahong cukup berlimpah dan baik untuk berbagai masalah kesehatan.

Berasal dari Korea, Binahong sudah cukup lama ada di Indonesia dan biasa disebut gendola (Basella rubra Linn). Tanaman ini dapat tumbuh dengan baik saat musim dingin dan lingkungan yang lembab.

Apalagi, khasiat daun binahong juga terkenal untuk vitalitas pria! Nah, langsung saja berikut ini 15 manfaat daun binahong untuk kesehatan, khususnya untuk pria.

1. Mengatasi masalah kulit

Khasiat daun binahong yang pertama adalah baik untuk kulit karena dapat mengatasi jerawat. Zat dalam daun binahong dapat secara efektif membunuh bakteri yang menyebabkan jerawat.

Selain mengatasi masalah jerawat, manfaat binahong lainnya juga bisa mengatasi komedo dan bintik hitam dengan menjadikannya masker daun binahong.

kandungan kolagen yang tinggi juga dapat membantu meringankan masalah tersebut dengan cepat. Caranya mudah, cukup dengan penghancur daun binahong muda. Kemudian oleskan ke seluruh wajah setelah mandi selama 30 menit.

Cara menggunakan daun binahong untuk mengobati jerawat adalah dengan menggosok daun binahong di area yang bermasalah, hal ini harus dilakukan secara rutin.

Penggunaan secara teratur akan mempercepat proses penyembuhan jerawat. Selain itu, daun binahong juga membuat kulit kamu halus dan cerah.

2. Baik meredakan asam lambung

Daun binahong memiliki manfaat baik untuk masalah pencernaan. Hal ini memang tidak dapat dipungkiri. Penyakit ini terjadi karena lambung memproduksi asam lambung berlebih.

Dengan makan daun binahong, asam lambung akan normal kembali. Selain itu, daun ini juga baik untuk antioksidan yang efektif menangkal radikal bebas dalam tubuh. Dengan kandungan antioksidan itu akan membuat tubuh menjadi lebih sehat dan terhindar dari berbagai jenis penyakit berbahaya.

3. Mengatasi asam urat

Asam urat adalah penyakit yang menyerang sendi tubuh. Pasien dengan masalah ini akan mengalami nyeri yang sangat parah pada sendi. Masalah ini tentu membuat kamu merasa tidak nyaman dalam melakukan berbagai aktivitas sehari-hari.

Daun binahong diyakini bisa mengatasi asam urat dalam sendi dan tubuh. Zat dalam daun binahong akan menetralisir asam urat pada sendi. Manfaat Binahong untuk asam urat mudah diperoleh dengan mengambil rebusan daun binahong dan meminumnya secara teratur.

4. Mengatasi kolesterol

Sifat daun Binahong dipercaya bisa mengatasi kolesterol jahat dalam tubuh. Daun Binahong akan menetralisir kadar kolesterol jahat yang terkandung dalam pembuluh darah.

Kolesterol dalam pembuluh darah akan menyebabkan adanya plak di pembuluh darah. Hal ini bisa menyebabkan penyumbatan aliran darah ke jantung.

Kolesterol tinggi juga dapat memicu penyakit lain seperti penyakit jantung dan stroke. Menggunakan daun binahong untuk kolesterol juga sangat mudah dilakukan, hanya dengan mengkonsumsi air rebusan daun binahong rutin maka kolesterol jahat dari tubuh akan menurun.

5. Mencegah diabetes

Meskipun bukan penyakit ganas, namun diabetes masih sangat berbahaya. Sampai saat ini belum ada obat untuk diabetes sepenuhnya. Dalam hal ini, pasien hanya dapat mengontrol gula darah agar tetap normal sehingga hal itu tidak menimbulkan komplikasi serius.

Daun binahong mengandung alkaloid yang hipoglikemik. Karena sifatnya, daun binahong dapat membantu menurunkan kadar gula darah secara maksimal. Selain menurunkan kadar alkaloid, gula darah juga bisa tetap stabil pada pasien dengan status diabetes mellitus.

6. Mengobati sesak nafas

Pernapasan sangat penting untuk kelangsungan hidup manusia. Tapi apa yang akan terjadi jika kita menderita pernapasan atau sesak napas? Tentu saja akan sangat berbahaya. Oleh karena itu, merawat sistem pernapasan sangat penting.

Menurut penelitian, khasiat daun binahong mampu membersihkan saluran pernapasan, terutama lendir di paru-paru yang menyebabkan sesak napas. Selain mampu membersihkannya, kandungan dalam daun binahong juga mampu membunuh bakteri dan sebagai antibakteri penyebab saluran pernapasan akut.

7. Mengatasi anemia

Manfaat daun binahong selanjutnya juga dapat digunakan sebagai salah satu obat mengatasi anemia atau tekanan darah rendah. Anemia disebabkan oleh kekurangan zat besi dalam tubuh.

Nah, daun binahong mengandung cukup zat besi untuk memenuhi kebutuhan sel-sel darah merah. Oleh karena itu, bagi mereka yang memiliki riwayat darah rendah, daun binahong bisa menjadi salah satu solusi pengobatan alternatif.

8. Mengobati batuk

Minum air rebusan daun binahong bisa juga untuk meredakan masalah batuk. Kandungan dalam ramuan daun binahong salah satunya adalah senyawa antibakteri yang mampu membunuh kuman atau bakteri yang menyebabkan batuk. Dengan demikian, batuk kering dan berdahak dapat diobati dengan minum rebusan air rebusan daun binahong tersebut.

9. Bersihkan paru-paru dari kotoran dan racun

Bagi kamu yang ingin memiliki paru-paru bersih, minum rebusan daun binahong bisa menjadi solusinya. Senyawa di binahong dapat membantu detoksifikasi kotoran dan racun dari paru-paru. Namun, manfaat ini masih dalam proses penelitian lebih lanjut.

10. Memulihkan stamina yang hilang

Daun binahong mengandung katekin, yaitu, jenis antioksidan yang tidak hanya melawan kanker dan serangan jantung, namun juga membantu mengurangi efek peradangan otot setelah berolahraga dan beraktivitas.

Daun binahong sangat cocok dikonsumsi oleh mereka yang sering menjalani aktivitas berat. Misalnya lembur, olahragawan, atau pekerja fisik. Minum satu gelas daun binahong rebus lalu minum airnya, maka stamina kamu akan kembali.

11. Mempercepat proses penyembuhan luka

Bagaimana cara mendapatkan manfaat binahong untuk masalah ini? Kamu dapat menumbuk daun binahong yang masih segar. Kemudian tempelkan di luka. Kemudian oleskan antiseptik untuk mempercepat proses penyembuhan luka. Selain mengatasi masalah cedera, kandungan anti-inflamasi juga membantu meringankan memerah dan memar, bahkan bengkak.

12. Meningkatkan tekanan darah

Bagi kamu yang memiliki tekanan darah rendah, kamu harus mencoba daun yang satu ini. Alasannya, tekanan darah rendah akan membuat tubuh merasa lemah. Bahkan membuat kamu tidak dapat melakukan kegiatan sehari-hari dengan normal.

Kamu harus meningkatkannya dengan makan sesuatu yang mengandung mineral. Salah satunya adalah ramuan yang terbuat dari daun binahong. Trik-nya, gunakan daun binahong sebanyak 8 daun dan rebus dalam 2 gelas air. Pastikan minumnya sekali sehari. Manfaat daun binahong yang kuat bisa meningkatkan tekanan darah, sehingga wajib kamu konsumsi secara teratur.

13. Cocok untuk pria dewasa

Tidak perlu membeli tonik untuk daya tahan. Mulai sekarang kamu dapat mengonsumsi air rebusan daun binahong. Kandungan mineral alami penuh dalam daun bergizi ini dapat meningkatkan sirkulasi darah, sehingga akan membuat penis kamu kuat dan tahan lama.

14. Mengatasi masalah menstruasi

Adapun manfaat daun binahong ini untuk kesehatan wanita, khususnya masalah menstruasi. Sifat daun binahong ini baik untuk mengatasi masalah haid. Bagi kamu yang mengalami masalah seperti periode menstruasi yang tertunda dan nyeri, kamu bisa mengkonsumsi ramuan daun binahong secara teratur. Kandungan zat besi dan mineral lainnya efektif untuk mengatasi masalah ini.

15. Mengatasi anak-anak yang sulit makan

Anak-anak yang mengalami kesulitan makan dapat disebabkan karena berbagai faktor. Misalnya, ia mungkin menderita sariawan, tidak suka makanan, atau mengalami masalah sistem pencernaan. Dalam beberapa isu orang tua perlu kesabaran ekstra.

Salah satu cara yang dapat kamu gunakan adalah dengan memberikan air rebusan daun binahong. Khasiat daun binahong sendiri diyakini dapat mengatasi masalah anak-anak yang mengalami kesulitan makan. Namun, ramuan ini hanya untuk anak-anak 7 tahun ke atas. Kamu tidak boleh memberikan ramuan pada bayi karena tidak ada penelitian apakah aman atau tidaknya.

Jika kamu ingin merasakan manfaat daun binahong untuk kesehatan kamu, kamu perlu mengetahui isi kandungan masing-masing senyawa yang terkandung didalamnya.

Oleh karena itu, sebelum memanfaat sepenuhnya, kamu harus terlebih dahulu berkonsultasi dengan praktisi atau dokter yang kompeten dalam pengobatan herbal.