Home » Review & Tips » 7 Manfaat Detox bagi Kesahatan dan Apa Saja Bahayanya

7 Manfaat Detox bagi Kesahatan dan Apa Saja Bahayanya

Detox adalah salah satu program diet dengan tidak mengkonsumsi makanan dan hanya minuman air putih 8 botol dan jus yang terbuat dari 5 kg sayuran dan buah segar.

Dengan detox selama sehari dalam seminggu, tubuh akan lebih mudah menyerap vitamin dan mineral dari buah, sehingga kandungan tersebut lebih mudah untuk dicerna.

Melakukan detox juga bisa menyehatkan tubuh dan baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh serta membuat metabolisme berfungsi optimal, bakteri buruk dalam usus pun bisa dilepas dan hormon di dalam tubuh menjadi lebih seimbang.

7 Manfaat detox bagi kesehatan tubuh

Berikut adalah 7 manfaat detoksifikasi rutin 1 hari per minggu:

1. Menstabilkan berat badan

Detox bisa memenuhi nutrisi vitamin dan mineral dari buah dan jus yang kamu konsumsi.

Detox juga membantu menghilangkan kelebihan lemak dan racun dalam usus.

2. Siklus menstruasi lebih teratur

Detoksifikasi rutin satu hari setiap minggu membantu siklus menstruasi lebih teratur dan menjaga keseimbangan hormon dan membantu mengurangi rasa sakit saat menstruasi.

3. Meringankan masalah Maag

Lapisan lambung rusak karena peradangan bisa saja disebabkan oleh asam di lambung yang naik. Hal ini bisa diatasi dengan meningkatkan asupan mineral dan vitamin dengan melakukan detox.

4. Menjaga sistem pencernaan lebih lancar

Buang air besar yang tidak lancar bisa memicu peradangan usus bahkan kanker. Detox bisa membantu menjaga sistem pencernaan dengan asupan sayuran yang tinggi dari vitamin dan mineral yang masuk ketika mengkonsumsi jus, sehingga membuat kandungan tersebut lebih mudah untuk dicerna.

5. Meminimalisir masalah Jerawat

Proses detoksifikasi bisa membantu mengendalikan jerawat pada wajah dan mengurangi pembengkakan akibat kotoran yang menumpuk.

6. Menurunkan Kolesterol jahat dalam tubuh

Manfaat detox lainnya yaitu bisa membantu mengikis kolesterol jahat dalam usus sehingga usus dan hati dapat bekerja lebih optimal.

7. Meminimalisasikan masalah kerusakan organ tubuh

Organ yang rusak dalam tubuh yang dapat menyebabkan penyakit berbahaya seperti penyakit jantung, diabetes, kanker dan autoimun.

Detoksifikasi membantu membersihkan tubuh dari racun dan menyehatkan organ-organ dalam tubuh sehingga dapat bekerja lebih optimal.

Detox adalah metode diet yang dilakukan dalam upaya untuk mempertahankan gaya hidup sehat. Manfaat detoksifikasi diklaim bisa menghilangkan racun dari tubuh dan umumnya membantu meningkatkan kesehatan orang-orang yang menjalankannya.

Apa itu detox?

Kata detox berasal dari cara proses detoksifikasi atau menghilangkan racun. Detoksifikasi dilakukan dengan mengatur pola makan dengan melakukan puasa dan hanya minum saja. Makanan yang bisa dikonsumsi pun hanya sayuran, buah-buahan, jus buah dan air. Terkadang detoksifikasi juga dapat mengkonsumsi produk-produk tertentu yang diklaim bisa membantu tubuh bebas dari racun.

Banyak orang yang menjalani gaya hidup ini demi menurunkan berat badan. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, detox atau detoksifikasi memiliki beberapa manfaat seperti:

Manfaat kesehatan detoksifikasi

  1. Gizi dalam sayuran dan buah yang dikonsumsi lebih mudah dicerna
  2. Mengurangi lemak berlebih dalam tubuh.
  3. Sehingga bisa terhindar dari risiko makanan olahan yang tidak sehat
  4. Mengurangi stres dan meningkatkan perasaan yang lebih rileks
  5. Membantu untuk tidur lebih nyenyak. Meskipun sejauh ini, belum ada penelitian yang cukup untuk menunjukkan manfaat detoksifikasi yang satu ini.

Namun, banyak orang mengklaim bahwa setelah menjalani proses detoksifikasi, merasa lebih berenergi, kesehatannya membaik, dan dapat mengurangi berat badan.

Namun, ada pula yang beranggapan jika berat yang menurun lebih karena pengurangan konsumsi makanan berlemak selama proses detoksifikasi.

Kebanyakan, berat badan dapat meningkatkan lagi setelah seseorang berhenti melakukan detoksifikasi.

Tips dan cara detoksifikasi yang efektif?

Tubuh kita terus-menerus mendapat racun alami karena makanan yang kita konsumsi selama ini. Organ-organ tubuh seperti hati, ginjal, usus dan paru-paru bekerja setiap hari untuk membersihkan tubuh dari berbagai racun yang masuk ke tubuh.

Oleh karena itu, cara terbaik yang bisa kita lakukan untuk detoksifikasi tubuh kita adalah dengan membantu proses menghilangkan racun yang dihasilkan secara alami oleh organ-organ tubuh tersebut.

  1. Beberapa hal yang dapat kita lakukan adalah:
  2. Berhenti minum minuman beralkohol
  3. Cukup tidur
  4. Minum lebih banyak air
  5. Kurangi konsumsi gula dan makanan olahan lainnya
  6. Makan banyak makanan yang kaya antioksidan
  7. Banyak mengkonsumsi makanan yang kaya probiotik
  8. Mengurangi konsumsi garam
  9. Olahraga rutin

Jus untuk detoksifikasi yang efektif

Tubuh perlu makan-makanan segar dan sehat, seperti sayuran dan buah-buahan. Jus bisa menjadi metode detoksifikasi yang efektif. Proses detox jus biasanya memakan waktu 3-10 hari.

Dengan begitu, maka bisa Membersihkan efektivitas racun dalam tubuh. Namun, ada beberapa manfaat yang sering dialami oleh orang-orang yang menjalankan jus detoksifikasi menurut ahli, yaitu:

Memberikan nutrisi

Buah-buahan dan sayuran pada dasarnya memang kaya vitamin dan mineral. Minum jus secara teratur dapat memberikan nutrisi tambahan dalam tubuh untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Pencernaan lebih terjaga

Jus buah dapat meningkatkan kualitas sistem pencernaan melalui enzim yang terkandung dalam jus.

Merangsang sistem kekebalan tubuh

Jus kaya akan senyawa anti-inflamasi yang dapat merangsang sistem kekebalan tubuh dan membantu membuat orang lebih bertenaga.

Bahaya detox

Detox jus memang memiliki perdebatan. Bahkan, orang yang menjalaninya mungkin mengalami kondisi berikut:

Rentan terhadap penyakit

Sebuah studi yang menganalisa 20 peserta yang menjalani detox menyatakan bahwa penurunan berat badan setelah melakukan diet ini. Penurunan berat badan rata-rata 1,7 kg berat. Namun, para peneliti menemukan bahwa detox jus juga mengakibatkan bakteri baik dalam tubuh juga menurun jumlahnya sehingga rentan terhadap penyakit.

Kerusakan ginjal

Laporan Penelitian mengungkapkan bahwa jus detox dapat meningkatkan risiko kerusakan ginjal. Karena dengan hanya mengkonsumsi jus dalam diet, kadar asam oksalat meningkat. Oksalat adalah asam organik yang secara alami terkandung dalam banyak tanaman.

Senyawa ini juga merupakan senyawa nefrotoksik atau berbahaya untuk ginjal. Oleh karena itu, para peneliti merekomendasikan bahwa orang yang mengikuti program jus detox, mereka harus menghitung jumlah oksalat yang dapat dikonsumsi setiap hari untuk menjaga kesehatan ginjal.

Dari ulasan di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa tidak ada bukti cukup ilmiah untuk menunjukkan manfaat dari detox. Namun, konsumsi makanan dan minuman dalam menu detox masih merupakan pilihan yang baik untuk meningkatkan kesehatan.

Kesimpulan tentang manfaat detox

Sebuah gaya hidup sehat sangat penting untuk menjaga tubuh tetap sehat. Salah satu pola hidup sehat yang kini banyak dibicarakan adalah detox. Detoksifikasi sendiri adalah proses penghapusan racun dalam tubuh. Racun dalam tubuh berasal dari makanan yang kita makan.

Tujuan dari detoksifikasi adalah untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan energi sehingga tubuh bisa memulihkan dan membersihkan sirkulasi darah. Berikut adalah manfaat dari detoksifikasi yang harus kamu tahu.

1. Meningkatkan energi tubuh

Detox membantu tubuh menghilangkan racun. Sehingga dapat meningkatkan energi dalam tubuh dan lebih bertenaga. Ketika detox maka kamu dilarang untuk makan makanan yang mengandung gula, kafein dan garam. Ganti makanan ini dengan makanan alami seperti buah-buahan dan sayuran.

2. Mengurangi zat berbahaya di dalam tubuh

Tujuan dari detoksifikasi adalah untuk menghilangkan racun dan zat-zat berbahaya dalam tubuh. Detoks dapat membantu hati, ginjal dan usus dari zat-zat berbahaya yang bisa menyebabkan penyakit.

Selama detoksifikasi, disarankan untuk tetap menjaga pola makan dengan baik, agar asupan baik bisa memenuhi kebutuhan serat dan menjaga kebugaran tubuh.

3. Menurunkan berat badan

Penurunan berat badan selama detoksifikasi bisa mengurangi jumlah kalori yang kamu konsumsi. Ketika kamu berhenti melakukannya, maka dengan mudah tubuh kamu bisa kembali ke berat badan semula.

4. Merangsang sistem kekebalan tubuh

Detoksifikasi tubuh bisa membuat sistem kekebalan tubuh lebih dan memiliki ketahanan yang tinggi. Dengan detoksifikasi maka kamu akan lebih mudah menyerap nutrisi penting yang mengandung vitamin C, yang baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit.

Nah, itulah manfaat detox. Tentunya ada kelebihan dan kekurangan ketika melakukan diet ini. Yang terpenting, kamu harus tetap mengkonsumsi makanan dan menjaga pola makan tetap sehat.