Home » Olahraga » 7 Manfaat Latihan Kebugaran Jasmani yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

7 Manfaat Latihan Kebugaran Jasmani yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat latihan kebugaran jasmani yang bisa kamu dapatkan. Ini 7 daftarnya! Kebugaran jasmani adalah gerakan yang membutuhkan kerja otot sehingga tubuh membakar kalori. Latihan kebugaran jasmani sering dilakukan untuk menjaga kesehatan jasmani.

Latihan ini adalah pengetahuan umum mengenai manfaat olahraga yang bisa membantu menjaga kebugaran jasmani sehingga tubuh menjadi lebih sehat dan bugar. Tak hanya itu, latihan ini juga bisa juga menjaga kesehatan secara mental maupun spiritual.

Untuk mendapatkan manfaat latihan kebugaran jasmani maka harus dilakukan secara teratur. Kebugaran jasmani bisa dalam hal beberapa bentuk.

Setidaknya ada lima jenis latihan kebugaran jasmani yang umum dilakukan, seperti latihan aerobik, latihan kekuatan, keseimbangan, latihan fleksibilitas dan keseimbangan tubuh.

Meskipun gerakan berbeda, manfaat latihan kebugaran jasmani yang diperoleh sama, yaitu sehat secara jasmani dan mental. Latihan ini juga efektif untuk membakar kalori dan mengurangi risiko beberapa penyakit.

Jika kamu ingin manfaat maksimal dari latihan kebugaran jasmani, yang harus kamu lakukan adalah olahraga secara teratur setiap hari.

Berikut ini adalah manfaat dari latihan kebugaran jasmani yang bisa kamu dapat jika dilakukan secara teratur.

1. Menjaga berat badan

Manfaat pertama dari latihan kebugaran jasmani yaitu dapat membakar kalori dalam tubuh. Hal ini memungkinkan kamu untuk mempertahankan atau bahkan menurunkan berat badan. Untuk mendapatkan manfaat kebugaran jasmani yang satu ini, kita tidak perlu secara khusus berlatih di pusat olahraga. Cukup konsisten bergerak secara aktif, misalnya rajin berjalan dan memilih menaiki tangga daripada menggunakan lift.

2. Mengurangi resiko penyakit berat

Latihan kebugaran jasmani jika dilakukan secara rutin juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan masalah pembuluh darah, seperti stroke, penyakit gastrointestinal, kanker dan arthritis.

Sebagai catatan, serangan jantung dikenal sebagai silent killer yang sering tidak menunjukkan gejala apapun.
Jika kamu tidak ingin terkena masalah ini di kemudian hari, melakukan latihan kebugaran jasmani latihan secara teratur bisa menjadi solusinya. Latihan dilakukan secara teratur agar otot jantung menjadi lebih kuat dalam memompa darah ke seluruh tubuh.

Otot jantung yang kuat mampu menjaga tekanan darah tetap stabil sehingga tidak rentan terhadap penyakit jantung.

3. Menurunkan kadar gula darah tinggi

Selain jantung sehat, olahraga kebugaran jasmani dapat menurunkan kadar gula darah yang tinggi. Ketika berolahraga, sel-sel dalam tubuh menjadi mudah untuk mencerna gula dari darah.
Olahraga teratur mampu mengendalikan kadar gula darah menjadi lebih stabil sehingga tubuh memiliki risiko lebih rendah terserang diabetes tipe 2.

4. Menjaga kesehatan tulang

Manfaat lebih lanjut dari latihan kebugaran jasmani adalah untuk memperkuat tulang. Selain memperkuat tulang, orang yang berolahraga secara teratur memiliki kepadatan tulang yang lebih baik. Manfaat ini akan memberikan efek positif bagi tubuh. Ketika berolahraga, kamu akan terhindar dari penyakit tulang seperti osteoporosis. Kamu juga dapat melakukan latihan sederhana, seperti memanjat, naik turun tangga, dan angkat beban.

5. Meningkatkan mood

Latihan kebugaran jasmani juga mampu meningkatkan mood atau suasana hati. Ketika latihan, tingkat endorfin akan meningkat dan dapat memicu rasa kesenangan dan perasaan positif. Latihan kebugaran jasmani juga dapat mengalihkan hal-hal negatif yang berkecamuk dalam pikiran.

6. Mengatasi stres dan depresi

Manfaat latihan kebugaran jasmani untuk kesehatan mental yaitu dapat mengurangi stres yang mengarah ke depresi. Olahraga juga dapat meningkatkan kualitas tidur di malam hari sehingga dapat mengurangi tingkat stres di hari berikutnya.

Ketika berolahraga, peningkatan serotonin dalam darah umumnya bisa menurun masalah depresi. Orang yang berolahraga secara teratur cenderung memiliki kesehatan emosional dan mental yang lebih baik, sehingga risiko gangguan mental akan lebih rendah.

7. Memperpanjang umur

Dengan olahraga teratur, maka kamu yang rutin melakukan olahraga atau latihan kebugaran jasmani, akan memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk memperpanjang umur. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa olahraga seperti berjalan lambat atau cepat, berpengaruh pada pengurangan risiko kematian secara keseluruhan.
Studi memandang hubungan antara berjalan berhubungan dengan faktor-faktor penyebab kematian, penyakit kardiovaskuler, dan kematian akibat kanker.

Itulah 7 manfaat latihan kebugaran jasmani yang bisa kamu dapatkan jika rutin melakukannya secara teratur.