Home » Tips » 5 Manfaat Madu untuk Kesehatan dan Kecantikan

5 Manfaat Madu untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat madu salah satunya adalah dapat mengobati luka. Manfaat madu yang lain yaitu dapat menyehatkan mata. Dalam al quran pun juga disebutkan bahwa madu sangat bermanfaat bagi kehidupan, lebahnya pun juga tidak boleh dibunuh. Setiap penyakit pasti ada obatnya, namun berbeda dengan madu. Manfaat madu sangat banyak, bahkan bisa menyembuhkan segala penyakit.

Kandungan Madu

Manfaat madu sangat melimpah karena  menurut USDA Nutrient database, madu mengandung Nilai Gizi Madu per 100 g, Energi 304 kkal, Karbohidrat 82.4 g, Gula 82.12 g, Serat 0.2 g, Lemak0 g, Protein 0.3 g, Air 17.10 g, Riboflavin (Vit. B2)0.038 mg (3%), Niacin (Vit. B3)0.121 mg (1%), Asam Pantotenat (Vit. B5)0.068 mg (1%), Vitamin B60.024 mg (2%), Folat (Vit. B9)2 mg (1%), Vitamin C 0.5 mg (1%), Kalsium 6 mg (1%), Besi 0.42 mg3%), Magnesium 2 mg (1%), Fosfor 4 mg (1%), Potasium 52 mg (1%), Sodium 4mg (0%), Zinc 0.22 mg (2%).

Manfaat Madu untuk Kesehatan

Di samping manfaat madu yang sangat banyak, namun tidak semua orang tahu akan manfaat madu, baik untuk kesehatan maupun untuk kecantikan. Oleh karena itu, perkenankan kami memberikan sedikit informasi tentang manfaat madu pada kesempatan kali ini.

1. Manfaat madu untuk menambah stamina

Penelitian menunjukkan bahwa madu dapat meningkatkan performa (ergogenic) bantuan yang sangat baik dan membantu dalam mendorong performa atlet. Madu memudahkan dalam menjaga gula darah penyembuhan otot dan pemulihan setelah latihan karena mengan 354 kcal.

2. Manfaat madu untuk perawatan kulit

Dalam hal ini madu dicampur dengan susu. Susu dan madu sering disebut bersama-sama sebagai bahan utama yang menjadikan kulit lebih halus dan lembut. Oleh karena itu di berbagai negara susu dan madu banyak dikonsumsi oleh masyarakatnya.

3. Manfaat madu sebagai sumber vitamin dan mineral

Madu mengandung berbagai vitamin dan mineral. Kandungan gizi vitamin dan mineral yang terdapat pada madu tergantung pada nektar apa yang dihisap oleh lebah madu tersebut.

4. Manfaat madu sebagai antioksidan

Madu mempunyai kandungan nutraceuticals, yang efektif dalam mengeluarkan radikal bebas dari tubuh kita. Hasilnya, kekebalan tubuh akan meningkat. Dan membuat badan kita tidak mudah sakit

5. Manfaat madu sebagai penurun berat badan

Madu memang banyak mengandung kalori dari gula, namun jika dikonsumsi dengan air hangat membantu dalam menyerap lemak yang disimpan dalam tubuh anda. Demikian juga madu dicampur dengan air jeruk dan madu dengan kayu manis membantu mengurangi berat badan.

Selain manfaat madu diatas, masih ada lagi:

– Menjaga kesehatan mata.
– Untuk mengobati luka.
– Memperkuat sel darah putih.
– Menambah kesuburan suami istri.
– Penambah tenaga / stamina.
– Menstabilkan tekanan darah.
– Mengobati anemia.
– Mengobati alergi.
– Mencegah osteoporosis.
– Mencegah infeksi pada luka.
– Mengatasi gangguan pernafasan.
– Mengatasi sembelit.
– Menghilangkan gejala penyakit asma.
– Mengatasi gangguan jantung.
– Mengatasi radang tenggorokan.

Manfaat madu untuk

Madu adalah bahan alami yang telah lama dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Nah, selain untuk kesehatan, apakah kamu tahu bahwa madu juga memiliki manfaat baik untuk kecantikan. Banyak orang masih tidak tahu apakah madu dapat digunakan sebagai perawataan alami kecantikan seperti bibir. Padahal, bahan alami ini bisa menjadi salah satu alternatif pelembap alami bibir.

Penggunaan madu dalam produk khusus untuk lip balm kerap dilakukan karena mampu melembapkan sehingga bibir melunakkan. Lip balm yang mengandung madu akan sangat nyaman digunakan pada bibir. Selain itu, lip balm akan tahan lama dibandingkan lip balm yang tidak mengandung madu.

Selain itu madu juga mampu untuk membuat bibir terlihat lebih merah karena madu memiliki sifat anti bakteri yang dapat melindungi bibir dari berbagai bakteri yang menyebabkan infeksi pada bibir. Dengan menggunakan lip balm yang mengandung madu, maka dapat mencegah bibir menjadi kering yang biasanya menjadi pemicu pecah-pecah pada bibir.

Sifat anti bakteri yang terkandung dalam madu juga dapat mencegah infeksi yang dapat menyebar dan memperburuk bibir kering atau pecah-pecah. Selain itu, lip balm yang mengandung madu juga nyaman digunakan pada bibir pecah.

Umumnya, bibir pecah-pecah akan terasa sedikit terbakar ketika dioleskan dengan obat-obatan atau lip balm lainnya yang tidak mengandung madu. Dengan demikian, madu lip balm yang ada madunya tidak hanya untuk mengobati bibir kering dan terluka saja, tetapi juga bermanfaat untuk merawatnya. Bahkan setelah itu, bibir akan mendapatkan kembali kelembapannya.

1. Moisturizing lip
Masyarakat kerap menggunakan madu untuk melembapkan kulit, tapi kali ini kamu juga bisa memakainya untuk membuat bibir terasa lebih lembap. Kandungan nutrisi lengkap yang ditemukan di dalammnya berfungs untuk menjaga lembap bibir. Cara memanfaatkan madu untuk moisturizing Lip juga cukup mudah. Kamu hanya cukup menyediakan madu segar, dan panaskan sampai berbuih. Setelah sedikit hangat, kamu dapat mengoleskannya ke bibir secara merata. Sebaiknya kamu melakukannya secara teratur setiap menjelang tidur di malam hari.

2. Membuat bibir memerah dan merona
Nah, salah satu manfaat madu untuk bibir yaitu dapat memerahkan bibir. Tidak ada masalah memerahkan bibir menggunakan lipstik, tetapi jika kamu ingin memerahkannya dengan bahan herbal, yaitu madu segar, maka cara ini tentu lebih aman. Kamu dapat mengoleskannya pada waktu tidur atau setiap pagi secara teratur untuk hasil yang lebih optimal.

3. Melindungi bibir
Manfaat madu untuk bibir berikutnya adalah untuk melindungi bibir, terutama dari infeksi. Hal ini karena madu memiliki beberapa bahan penting, salah satunya anti bakteri sehingga dapat menyembuhkan enfeksi dan meminimalkan hal itu pada bibir.

4. Sebagai smoothing lip
Tidak hanya membuat bibir terasa lembab, sifat lain dari madu juga berperan dalam melembutkan bibir. Dengan demikian, tentu saja, akan membuat bibir kamu terlihat sempurna dan lebih menawan di depan lawan bicara.

5. Mengatasi bibir pecah-pecah
Bagi kamu yang mengalami masalah bibir pecah-pecah dan kering, tentunya tidak harus kuatir. Namun, ada baiknya segera di atasi. Jika tidak segera diobati kadang-kadang bisa membuat risiko infeksi. Nah, salah satu solusi yang tepat yaitu kamu bisa menggunakan madu untuk proses penyembuhannya.

6. Mengobati bibir kering dan hitam
Manfaat lain madu yaitu untuk mengatasi masalah bibir hitam dan kering. Biasanya hal ini terjadi karena kurangnya nutrisi pada bibir. Untuk pria yang merokok, bisa jadi bibir menghitam karena nikotin dan pada wanita, bibir hitam dan kering karena sering menggunakan lipstik dari bahan kimia. Sehingga asupan gizi pada bibir juga berkurang. Sebagai solusi yang tepat, baik laki-laki maupun wanita kamu dapat menggunakan madu untuk mengembalikan bibir alami kemerahan kamu.

Caranya dengan memanaskan satu sendok makan madu hingga berbusa, lalu diamkan sedikit untuk menghangatkan. Kemudian kamu dapat mengoleskannya ke bibir secara merata. Lakukan secara rutin di pagi hari atau di malam hari.

Namun perlu diingat, madu tidak dapat digunakan oleh semua orang. Bagi kamu yang memiliki penyakit alergi tertentu atau pada bayi, penggunaan madu ini tidak boleh diberikan sebelum berkonsultasi dengan dokter.

Semoga informasi mengenai manfaat madu untuk kecantikan bibir ini dapat bermanfaat bagi kamu yang memiliki masalah dengan bibir.

Manfaat madu memang cukup banyak, namun harganya pun juga setara dengan khasiatnya. Itulah manfaat madu untuk kesehatan dan kecantikan yang dapat saya ulas. Produk-produk obat unggulan pun banyak yang menggunakan madu sebagai sumber campuran utama dengan ratu lebahnya.

Semoga artikel tentang manfaat madu diatas bermanfaat.