Home » Manfaat Madu untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Madu untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat madu salah satunya adalah dapat mengobati luka. Manfaat madu yang lain yaitu dapat menyehatkan mata. Dalam al quran pun juga disebutkan bahwa madu sangat bermanfaat bagi kehidupan, lebahnya pun juga tidak boleh dibunuh. Setiap penyakit pasti ada obatnya, namun berbeda dengan madu. Manfaat madu sangat banyak, bahkan bisa menyembuhkan segala penyakit.

Kandungan Madu

Manfaat madu sangat melimpah karena  menurut USDA Nutrient database, madu mengandung Nilai Gizi Madu per 100 g, Energi 304 kkal, Karbohidrat 82.4 g, Gula 82.12 g, Serat 0.2 g, Lemak0 g, Protein 0.3 g, Air 17.10 g, Riboflavin (Vit. B2)0.038 mg (3%), Niacin (Vit. B3)0.121 mg (1%), Asam Pantotenat (Vit. B5)0.068 mg (1%), Vitamin B60.024 mg (2%), Folat (Vit. B9)2 mg (1%), Vitamin C 0.5 mg (1%), Kalsium 6 mg (1%), Besi 0.42 mg3%), Magnesium 2 mg (1%), Fosfor 4 mg (1%), Potasium 52 mg (1%), Sodium 4mg (0%), Zinc 0.22 mg (2%).

Di samping manfaat madu yang sangat banyak, namun tidak semua orang tahu akan manfaat madu, baik untuk kesehatan maupun untuk kecantikan. Oleh karena itu, perkenankan kami memberikan sedikit informasi tentang manfaat madu pada kesempatan kali ini.

Manfaat Madu untuk Kesehatan dan Kecantikan

1. Manfaat madu untuk menambah stamina

Penelitian menunjukkan bahwa madu dapat meningkatkan performa (ergogenic) bantuan yang sangat baik dan membantu dalam mendorong performa atlet. Madu memudahkan dalam menjaga gula darah penyembuhan otot dan pemulihan setelah latihan karena mengan 354 kcal.

2. Manfaat madu untuk perawatan kulit

Dalam hal ini madu dicampur dengan susu. Susu dan madu sering disebut bersama-sama sebagai bahan utama yang menjadikan kulit lebih halus dan lembut. Oleh karena itu di berbagai negara susu dan madu banyak dikonsumsi oleh masyarakatnya.

3. Manfaat madu sebagai sumber vitamin dan mineral

Madu mengandung berbagai vitamin dan mineral. Kandungan gizi vitamin dan mineral yang terdapat pada madu tergantung pada nektar apa yang dihisap oleh lebah madu tersebut.

4. Manfaat madu sebagai antioksidan

Madu mempunyai kandungan nutraceuticals, yang efektif dalam mengeluarkan radikal bebas dari tubuh kita. Hasilnya, kekebalan tubuh akan meningkat. Dan membuat badan kita tidak mudah sakit

5. Manfaat madu sebagai penurun berat badan

Madu memang banyak mengandung kalori dari gula, namun jika dikonsumsi dengan air hangat membantu dalam menyerap lemak yang disimpan dalam tubuh anda. Demikian juga madu dicampur dengan air jeruk dan madu dengan kayu manis membantu mengurangi berat badan.

Selain manfaat madu diatas, masih ada lagi:

– Menjaga kesehatan mata.
– Untuk mengobati luka.
– Memperkuat sel darah putih.
– Menambah kesuburan suami istri.
– Penambah tenaga / stamina.
– Menstabilkan tekanan darah.
– Mengobati anemia.
– Mengobati alergi.
– Mencegah osteoporosis.
– Mencegah infeksi pada luka.
– Mengatasi gangguan pernafasan.
– Mengatasi sembelit.
– Menghilangkan gejala penyakit asma.
– Mengatasi gangguan jantung.
– Mengatasi radang tenggorokan.

Kalau manfaat madu untuk kecantikan, antara lain:

– Mengencangkan wajah (sebagai masker).
– Menghilangkan bekas jerawat (dioleskan pada bekas jerawat).
– Sebagai conditioner rambut.
– Mengangkat kulit mati (dioleskan).
– Melembutkan dan melembabkan bibir.

Manfaat madu memang cukup banyak, namun harganya pun juga setara dengan khasiatnya. Itulah manfaat madu untuk kesehatan dan kecantikan yang dapat saya ulas. Produk-produk obat unggulan pun banyak yang menggunakan madu sebagai sumber campuran utama dengan ratu lebahnya.

Semoga artikel tentang manfaat madu diatas bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *