Home » Buah » 6 Manfaat Mangga untuk Ibu Hamil dan Bahaya Mengkonsumsinya

6 Manfaat Mangga untuk Ibu Hamil dan Bahaya Mengkonsumsinya

Hampir semua orang suka mangga. Kamu sendiri mungkin salah satunya. Memang, mangga adalah buah yang sering dijumpai di Indonesia. Apalagi jika musimnya, akan ada banyak berbagai macam varian olahan makanan dan minuman mangga.

Nah, bicara tentang mangga, buah ini memang sering dikonsumsi oleh wanita hamil. Misalnya, jika ada seorang wanita yang sedang hamil dan dia mengidam untuk makanan yang asam-asam, ada kemungkinan ia akan membeli mangga muda.

Mangga baik dikonsumsi oleh semua orang, dari anak-anak hingga orang dewasa. Cara kita mengkonsumsinya juga bervariasi, bisa dimakan, digunakan sebagai jus mangga, manisan, bahan-bahan salad, campuran dalam puding, dan banyak lainnya.

Ternyata, mangga juga baik untuk dikonsumsi oleh wanita hamil lho. Ingin tahu apa kebaikan dan manfaat mangga bagi ibu hamil? Berikut penjelasannya.

1. Mendukung perkembangan janin

Mangga mengandung asam folat. Zat ini bermanfaat untuk membantu pengembangan dan pembentukan otak dan sumsum tulang belakang janin. Asam folat yang cukup selama kehamilan juga membantu mencegah risiko bayi mengalami cacat saraf (spina bifida) pada saat lahir. Selain itu, vitamin A yang terkandung dalam mangga juga baik untuk sistem perkembangan mata, jantung, paru-paru, dan ginjal janin.

2. Mencegah anemia

kandungan zat besi yang tinggi di dalamnya dapat membantu mencegah anemia, karena zat besi diperlukan untuk menjaga ketersediaan darah dalam tubuh.

Apalagi, mangga juga kaya vitamin vitamin C. Hal ini membantu tubuh menyerap zat besi lebih cepat. Tidak heran, mangga cocok untuk memenuhi kebutuhan harian vitamin C kamu.

Nah, kombinasi keduanya akan sangat membantu bagi wanita hamil yang ingin menghindari bahaya anemia selama kehamilan dan persalinan nanti.

3. Menjaga pencernaan yang sehat

Serat dan vitamin C yang tinggi pada mangga sangat berguna untuk pencernaan ibu hamil serta dapat membantu mengatasi masalah sembelit. Apalagi, seratnya juga lebih lama dicerna, sehingga ibu hamil akan merasa kenyang lebih lama dan menghindari keinginan ngemil makanan yang kurang sehat.

4. Mengurangi gejala morning sickness

Wanita hamil sering mengalami masalah mual dan muntah selama kehamilan. Nah, untuk mengatasi masalah ini, kamu bisa mengkonsumsi mangga. Buah ini memiliki vitamin B6 yang dapat membantu mengurangi gejala morning sickness.

5. Kaya akan antioksidan

Seperti yang telah disebutkan, mangga kaya akan vitamin C dan zat antioksidan sehingga bisa membantu menangkal berbagai radikal bebas dalam tubuh.

Antioksidan akan menjaga ibu hamil dan kesehatan janinnya selama kehamilan sampai melahirkan nanti.

6. Menjaga cairan tubuh

Saat hamil, kamu membutuhkan lebih banyak cairan dari biasanya. Umumnya, salah satu gangguan selama kehamilan adalah dehidrasi.

Nah, mangga dapat mengatasi masalah tersebut. Kandungan elektrolit dalam mangga berfungsi untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh, sehingga ibu akan terhindar dari risiko dehidrasi.

Bahaya jika mengkonsumsi mangga berlebihan

Meskipun mangga memiliki banyak manfaat bagi wanita hamil, bukan berarti harus makan buah ini dalam jumlah besar dan berlebihan.

Ingat, segala sesuatu yang berlebihan itu akan memiliki efek samping yang kurang baik. Termasuk banyak mengkonsumsi mangga.

Buah mangga memiliki kadar gula yang relatif tinggi. Oleh karena itu, makan mangga akan meningkatkan risiko kenaikan berat badan yang berlebihan dan meningkatkan risiko diabetes gestasional.

Bisa jadi, mungkin kamu akan mengalami sakit perut dan diare karena makan mangga berlebihan. Tidak hanya itu, ada ibu hamil yang sensitif dan memiliki reaksi alergi karena getah yang terkandung dalam buah mangga.

Nah, itulah penjelasan mengenai 6 manfaat mangga bagi ibu hamil. Meski memiliki banyak manfaat, namun batasi batasi juga keti kamu mengkonsumsinya karena bisa memberikan beberapa efek kurang baik.