Home » Manfaat Menggambar untuk Menghilangkan Stres dan Mengenal Diri

Manfaat Menggambar untuk Menghilangkan Stres dan Mengenal Diri

  • by

Siapa bilang menggambar itu hanya sekedar hobi atau sebatas membunuh rasa bosan! Ternyata menggambar juga bermanfaat untuk menghilangkan stres dan mengenal diri sendiri.

Pekerjaan numpuk, bos marah-marah, mana tanggal tua lagi! Pastinya kamu bakal merasa stres banget kan? Nah, siapa sangka, menggambar ternyata bisa juga lho menjadi terapi untuk menghilangka stres. kemampuan dan cara menggambar seseorang memag berbeda-beda, begitu pula dengan objek yang disenangi setiap orang. Namun, bukan hal itu yang terpenting, namun lebih kepada manfaatnya.

Mungkin banyak dari kamu yang tidak tahu, jika mengggambar atau hanya sekedar mencoret-coret di atas kertas bisa menjadi salah satu cara untuk meringankan stres. Laporan dari jurnal Art Therapy disusun oleh The Atlantic mengatakan bahwa kegiatan seni seperti menggambar, secara signifikan dapat mengurangi gejala kecemasan atau stres. Tenang, dalam terapi ini, aktifitas menggambar tidak hanya dilakukan oleh orang-orang yang pandai menggambar saja. Siapapun dapat menggunakan terapi seni ini sebagai cara untuk meringankan stres.

Mengapa Menggambar Bisa Menjadi Cara untuk Menghilangkan Stres?

Para peneliti menunjukkan bagaimana stres kronis dapat memiliki dampak negatif pada kesehatan. Untungnya, ada beragam cara yang dapat kamu pilih untuk mengurangi stres, mulai yang diakibatkan dari mengikuti gaya hidup yang dituntut untuk serba cepat dan sibuk, hingga tekanan dari pekerjaan ataupun lingkungan.

Padahal, menggambar juga bisa dimulai dari apa yang kamu suka. Apa saja, apa pun yang ada di pikiran kamu, bisa segera kamu buat di atas selembar kertas. Ingat ya, buat gambar yang kamu suka, bukan objek gambar yang kamu pilih hanya karena kamu berfikir jika kamu menggambar objek tersebut karena kamu ingin terlihat keren. Karena, jika kita memilih gambar objek karena pertimbangan tersebut, yang ada kamu malah semakin stres.

Sebaliknya, jika kamu menggambar objek yang kamu suka, maka kamu akan menggambarnya dengan santai dan tak terbebani dengan kesulitannya.

Berikut di ini, hubungan antara bagaimana seni menggambar dan stres saling berhubungan satu sama lainnya.

1. Menggambar dapat membuat pikiran lebih tenang santai

Di tengah atau di sela-sela menunggu pekerjaan, kamu masih bisa meluangkan waktu untuk menggambar. Kamu hanya perlu menyiapkan pensil dan buku catatan kecil. Mulai gerakan pensil dan buat bentuk sesaui dengan keinginan kamu. Menggambar, ternyata juga dapat membantu mata, tubuh, dan pikiran lebih mudah fokus.

Ahli jantung dari Universitas Harvard, Herbert Benson, mengidentifikasi dengan menggambar seseorang akan merasakan relaksasi. Menurut dia, menggambar adalah keadaan fisik yang sedang beristirahat karena respon dan stres dari dalam tubuh.

Hal ini ditandai dengan respon positif dari tubuh seperti penurunan tekanan darah, pernapasan yang stabil, dan denyut nadi yang lebih rendah.

2. Menggambar sebagai cara untuk mengekspresikan perasaan

Marah, sedih, atau bahkan kehilangan seseorang bisa menjadi akar dari kondisi stres dan pikiran. Emosi yang ditekan seperti itu, bisa menyebabkan masalah emosi, gangguan stres hingga depresi.

Menurut Cathy Machioldi, yang juga merupakan seorang ahli khususnya di bidang terapi seni, memamparpan beberapa manfaat dalam menurunkan tingkat stres seseorang. Ketika seseorang mencurahkan stres melalui seni, mereka memiliki keuntungan untuk mengeksplorasi emosi yang tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata.

Sebagai contoh, ketika menggambar, mereka bisa membuat gestural atau gerak tubuh yang bekerja selaras dan perasaan mereka yang tak bisa diungkapkan. Oleh karena itu, gambar juga merupakan cara mudah untuk meringankan stres dan sebagai alat yang efektif untuk melepaskan emosi yang terpendam.

3. Lebih mengetahui diri sendiri

Ketika kamu mengekspresikan diri melalui seni, seperti menggambar, kamu dapat mengakses alam bawah sadar dengan mudah, dan dapat mengetahui lebih lanjut tentang diri kamu sendiri.

Sebab, ketika seseorang mengekspresikan diri melalui seni visual, maka hal itu dapat membantu menjelajahi pikiran dan ide-ide yang ada jauh di dalam alam sadarnya. Malchiodi percaya, bahwa dengan menggambar apapun dapat mengeksplorasi rasa percaya diri, dan dengan menggambar pula kamu dapat menemukan sumber kedamaian.

Nah, itulah beberapa manfaat menggambar untuk menghilangkan stres. Bagaimana? Tertarik mencobanya di rumah? Atau di sela-sela waktu istirahat kala bekerja pun bisa kok kamu menerapkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *