Manfaat Pisang Ambon

Manfaat Pisang Ambon bagi Kesehatan, Pisang Khas Indonesia

Manfaat Pisang Ambon – Masyarakat Indonesia tentu tidak asing dengan buah pisang ambon. Sama dengan jenis pisang lainnya, pisang ambon juga memiliki tekstur yang lembut dan kerap diolah menjadi berbagai jenis cemilan dan makanan

Kamu dapat menemukan pisang dengan mudah karena banyak dijual di pasar tradisional dan pasar modern. Selain murah dan rasanya yang lezat, pisang juga kaya manfaat pisang untuk kesehatan dan kecantikan terbilang banyak.

Meskipun sering dikonsumsi, banyak orang tidak menyadari manfaat dari pisang Ambon. Pasalnya, pisang ini memiliki berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh secara keseluruhan.

Manfaat pisang ambon untuk kesehatan

Dilansir dari Honestdocs, pisang sendiri diyakini memiliki nutrisi yang sangat penting bagi tubuh manusia, misalkan kandunga Vitamin C yang cukup banyak. Vitamin ini memang penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Kandungan Vitamin B dalam pisang juga berperan dalam membantu menjaga kesehatan jantung dan fungsi otak. Selain itu, pisang yang satu ini juga mengandung mineral cukup tinggi untuk menjaga kesehatan tulang.

Menurut laporan Lives Sains, kandungan kalium dan pektin, serta serat terbilang tinggi di buah ini. Ahli gizi dari San Diego, Laura Flores menemukan buah ini juga mengandung magnesium, vitamin C dan Vitamin B6.

Pisang yang sudah dibudidayakan di Indonesia ini berbeda dengan pisang dari negara lain, pisang ini memang sekilas sama yaitu dapat dikonsumsi langsung atau diolah sesuai selera. Misalkan digoreng atau dikukus.

Baik dikonsumsi secara langsung atau dikukus, pisang ambon tetap bermanfaat bagi kesehatan. Langsung saja, berikut ini ulasannya.

1. Membantu mengembangkan ketahanan terhadap infeksius

Pisang ambon sejatinya mengandung dengan Vitamin C yang cukup tinggi, sekitar 8,7 mg / 100 gram. Vitamin C dalam pisang ambon hijau mampu membantu tubuh mengembangkan resistensi terhadap masalah infeksi juga bertindak sebagai antioksidan yang dapat menangkal efek buruk radikal bebas.

2. Menjaga kesehatan jantung

Seperti pada jenis pisang ambon lainnya, manfaat pisang ambon ambon juga kaya akan kalium. Dalam 100 gram pisang ambon mengandung 358 mg kalium, membuatnya menjadi salah satu sumber makanan terbaik.

Mineral pada pisang ambon ini juga memainkan peran penting dalam membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah. Selain itu, potasium juga membantu saraf otot untuk selalu bekerja secara optimal dan membantu ginjal dalam menyaring darah.

Kekurangan kalium memiliki konsekuensi besar pada fungsi tubuh secara keseluruhan. Untuk itu, manfaat pisang ambon lainnya adalah untuk melengkapi kebutuhan kalium harian.

3. Baik untuk pencernaan

Manfaat pisang ambon lainnya yaitu pati resisten yang merupakan bagian dari pati yang resisten terhadap hidrolisis pencernaan enzim amilase yang membuatnya sulit untuk dicerna dalam usus kecil.

Dalam usus besar, kemudian akan difermentasi oleh bakteri usus untuk menghasilkan pembentukan asam lemak rantai pendek yang disebut butirat atau butanoic.

Butirat ini berperan penting untuk menjaga kesehatan usus. Bersama dengan serat lain seperti pektin, kombinasi keduanya mampu meningkatkan moderat dalam gula darah setelah makan. Itu sebabnya, pisang ambon sering digunakan sebagai pencuci mulut.

4. Berpartisipasi dalam pengembangan fungsi otak

Pisang ambon kaya akan vitamin B6 (pyridoxine). Dengan mengkonsumsi buah pisang ambon berukuran sedang, bisa menutupi 33% dari total kebutuhan harian untuk Vitamin B6 dianjurkan.

Pyridoxine sendiri merupakan Vitamin B-kompleks yang memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan jantung, pencernaan dan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, Vitamin ini juga diperlukan untuk perkembangan fungsi otak dan bersama-sama bekerja dengan norepinefrin hormon dan serotonin dalam mempengaruhi mood atau suasana hati.

5. Baik untuk kesehatan tulang

Setiap jenis pisang, pastinya kaya akan mineral, salah satunya mineral tembaga. Sekitar 50% dari kadar tembaga dalam tubuh ditemukan dalam tulang dan otot.

Mineral ini dibutuhkan dalam pembentukan kolagen, yang akan mempercepat penyerapan energi. Kekurangan mineral tembaga di dalam tubuh dapat meningkatkan risiko terkait dengan kesehatan tulang seperti rheumatoid, arthritis dan osteoporosis.

Tentunya kita semua mendambakan kesehatan tulang bahkan setelah penuaan nanti, bukan? Untuk itu, mulailah teratur makan pisang ambon agar bisa merasakan manfaat pisang ambon untuk kesehatan masa depan tulang kita.

6. Meningkatkan metabolisme sistem tubuh

Manfaat pisang ambon lebih lengkap dengan kehadiran mangan. Mangan berfungsi salam mempercepat penyerapan berbagai vitamin dan mineral penting bagi tubuh, seperti vitamin E, vitamin B juga magnesium.

Mangan juga bertindak sebagai pendukung reaksi enzimatik yang merangsang aktivitas metabolisme dalam tubuh.

Sistem metabolisme yang cepat, tentunya juga akan berbanding lurus dengan meningkatnya kemampuan pembakaran kalori dalam tubuh seseorang. Jadi, pisang ambon sangat cocok untuk program diet untuk memaksimalkan pembakaran kalori dalam tubuh.

7. Meningkatkan dopamin lebih baik

Pisang ambon termasuk salah satu jenis makanan yang dapat membantu meningkatkan kadar dopamin secara alami. Dopamin adalah salah satu neurotransmitter penting yang paling membantu mengirimkan pesan di otak.

Pelepasan dopamin dari otak akan membuat perasaan gembira, motivasi dan kepercayaan diri. Ketika seseorang jatuh cinta, hormon yang inilah yang bertanggung jawab. Membuat seseorang gila bahkan bersedia melakukan apa saja untuk pasangan tercinta.

8. Melindungi tubuh dari racun dan bahan berbahaya

Selain teh, ternyata pisang ambon juga mengandung catechin, senyawa yang memiliki aktivitas antioksidan. Kehadiran catechin dalam tubuh berkaitan erat dengan berbagai manfaat kesehatan, terutama penurunan risiko penyakit kardiovaskular.

Aktivitas antioksidan dari katekin dalam pisang ambon hijau juga mampu menuangkan zat beracun serta logam berat dari tubuh seperti kadmium, kromium, dan merkuri.

Ternyata, menikmati secangkir teh dengan satu atau dua potong pisang ambon di pagi hari dapat menjadi kebiasaan yang baik.

9. Baik untuk kesehatan jantung

Menurut National Academy of Sciences, diet rendah sodium dan kaya akan kalium dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke yang telah lama menjadi pembunuh nomor satu di dunia.

Pisang ambon, berfungsi menyalurkan ke berbagai mineral dan berkontribusi terhadap kesehatan jantung. Ditambah dengan kandungan omega-3, pitosterol, dan lutein, yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam tubuh bahkan lebih baik membantu menjaga kesehatan jantung.

10. Nilai Glycemic Index Foods yang rendah

merupakan indikator yang menggambarkan seberapa cepat konsumsi makanan dapat meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh. Makanan dengan indeks glikemik tinggi diketahui penyebab obesitas dan masalah kesehatan lainnya, seperti beras putih, gula dan minuman berkarbonasi.

Untungnya, pisang ambon ini masuk kedalam makanan dengan indeks glikemik rendah, yaitu berkisar di angka 42-58. Jadi ketika kita makan maka kita tidak khawatir gula darah akan meningkat.

11. Membantu mencegah sembelit

Selain rasanya yang manis dan lezat, pisang ambon juga diperkaya dengan serat makanan untuk meningkatkan fungsi otot dalam saluran pencernaan dalam mencerna makanan.

Manfaat pisang ambon ini tentu saja berdampak baik pada kesehatan pencernaan kita. Terutama penurunan risiko sembelit atau masalah usus.

12. Membantu mencegah depresi

Pisang ambon juga merupakan sumber triptofan, yang merupakan salah satu dari sembilan asam amino esensial yang memainkan peran penting dalam membantu tubuh memproduksi serotonin.

Serotonin itu sendiri adalah bahan kimia yang berperan dalam mempengaruhi nafsu makan, mengatur pola tidur dan suasana hati seseorang. Rendahnya tingkat serotonin dalam tubuh diketahui menjadi penyebab depresi dan rasa putus asa, serta bisa memicu keinginan untuk bunuh diri.

Nah, agar kita dapat menghindari depresi atau stres, cobalah untuk lebih sering berjalan-jalan di udara terbuka dan makan makanan yang kaya akan triptofan, seperti pisang ambon, susu, beras merah atau kacang.

13. Sebagai obat maag alami

Manfaat pisang ambon berikutnya yaitu sebagai obat maag alami. Menurut sebuah penelitian, pisang ambon dikenal sebagai obat alami yang efektif untuk mengatasi penyakit maag.

Pisang ambon mengandung senyawa kimia yang disebut sitoindosida. Senyawa ini meningkatkan sekresi lendir di saluran pencernaan yang bertindak sebagai lapisan pelindung untuk mencegah asam merusak lapisan mukosa lambung.

Selain itu, pisang ambon juga menjadi salah satu sumber makanan prebiotik untuk pertumbuhan mikroorganisme baik dalam sistem pencernaan.

14. Menekan tekanan darah

Bagi mereka yang menderita hipertensi atau tekanan darah tinggi, tak ada salahnya untuk mencoba secara teratur makan pisang ambon setiap hari.

Pisang ambon mengandung potasium yang dapat mengatur perifer dan saraf pusat sekaligus bertindak sebagai elektrolit dalam tubuh yang secara langsung mempengaruhi tekanan darah. Teratur makan pisang ambon setiap hari, menjadi salah satu terapi alami untuk tekanan darah tinggi.

15. Sumber energi alternatif

Banyaknya vitamin dan mineral dalam pisang ambon membuatnya menjadi sumber energi yang dapat diandalkan. Kandungan antioksidan di dalamnya dapat mengembalikan energi yang habis setelah beraktifitas dan melindungi terjadinya kram otot. Sangat cocok sebagai camilan setelah berolahraga atau setelah perjalanan jauh.

Kombinasi gula dan pati resisten dalam pisang ambon juga cepat diserap oleh tubuh sehingga dapat menghasilkan energi instan.

16. Menjaga kulit agar lebih sehat

Pisang ambon memiliki kandungan air yang tinggi, hampir 75% terdiri dari kadar air di dalamnya. Kadar air yang tinggi mampu melembabkan dan meremajakan kulit dan melindungi kulit dari kekeringan.

Selain dinikmati langsung, pisang ambon juga sangat cocok sebagai masker wajah. Membuat wajah terlihat lebih sehat dan tampil lebih muda karena vitamin A di dalamnya mampu membantu menjaga kelembaban kulit dan mengangkat sel-sel kulit mati.

17. Membantu menurunkan berat badan

Dilengkapi dengan serat dan pati yang cukup tinggi, membuat pisang ambon sangat cocok sebagai makanan yang sempurna untuk membantu menurunkan berat badan.

Satu buah pisang ambon mengandung 3 gram serat. Jauh lebih banyak daripada buah lain seperti plum, yang hanya berisi 0,9 gram serat dan sepotong irisan semangka dengan 0,6 gram serat.

Jadi, menikmati beberapa pisang ambon setiap hari dapat membantu mengendalikan nafsu makan yang berarti memfasilitasi penurunan berat badan.

18. Meningkatkan sensitivitas insulin

Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsi cerna pati resisten dari 15-30 gram per hari dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin, hanya dalam empat minggu.

Sebagaimana telah kita lihat sebelumnya, bahwa pisang ambon mengandung serat dan tahan cerna pati yang cukup tinggi. Oleh karena itu, rutinlah mengkonsumsi beberapa buah buah pisang ambon setiap hari dalam meningkatkan sensitivitas insulin dan mencegah timbulnya diabetes.

19. Membantu mengatasi kram otot

Kekurangan mineral dikenal sebagai salah satu penyebab utama dari kram otot.
Pisang ambon mengandung berbagai mineral seperti kalium dan magnesium pasti bisa mengatasi kram otot karena semua mineral tersebut bertindak sebagai elektrolit dalam tubuh.

20. Membantu mencegah batu ginjal

Batu ginjal adalah umumnya disebabkan oleh tingginya tingkat kalsium dalam urin. Kekurangan kadar kalium dalam tubuh memiliki dampak langsung pada peningkatan kadar kalsium dalam urin.

Melihat fakta-fakta ini, tentu saja, pisang ambon kaya akan potasium yang sangat bermanfaat untuk mencegah batu ginjal. Para ahli juga berpendapat, dengan makan pisang ambon empat sampai enam kali seminggu meminimalkan kemungkinan penyakit batu ginjal.

21. Membantu Pertumbuhan Janin

Untuk membantu perkembangan janin dalam kandungan, ibu hamil membutuhkan asupan asam folat dapat diperoleh dari berbagai sumber makanan, seperti dengan mengkonsumsi pisang ambon.

Kandungan asam folat dalam pisang ambon dapat membantu janin menyerap nutrisi, baik pada perkembangan otak dan sumsum tulang.

Cukupilah kebutuhan asam folat selama kehamilan dengan secara teratur makan buah-buahan dan sayuran yang mengandung asam folat tinggi dan suplemen asam folat. Kekurangan asam folat selama kehamilan memiliki dampak serius pada janin seperti cacat saraf janin.

Setelah mendapatkan informasi maka kini kamu lebih tahu banyak manfaat dari pisang ambon. Namun, kira-kira apa dampak mengkonsumsi pisang ambon?

Efek buruk makan pisang ambon berlebihan

Meskipun manfaat pisang ambon cukup banyak bagi kesehatan, pisang ambon juga memicu beberapa efek samping jika dikonsumsi berlebihan.

Pisang ambon bermanfaat bila dikonsumsi dalam jumlah yang tepat dan tidak berlebihan. Namun, ketika dikonsumsi tidak masuk akal, itu maka bisa berdampak buruk

Pisang ambon mengandung asam amino yang cukup tinggi. Asam amino yang terlalu banyak bisa menyebabkan pusing dan jantung berdebar-debar. Menurut beberapa penelitian, pisang ambon yang dikonsumsi tidak melebihi tujuh dalam satu hari.

Ngantuk

Kandungan tryptophan dalam pisang ambon dapat membuat seseorang mengantuk. Karbohidrat dalam buah ini juga dapat memblokir asam amino memasuki otak, yang berarti dapat menyebabkan peningkatan produksi hormon serotonin, yang dapat membuat seseorang mengantuk. Efek ini memang bisa mengatasi masalah insomnia, tapi jangan mengkonsumsi siang hari yang berlebihan agar tidak mengganggu aktivitas.

Membuat ketidak seimbangan hormon

Keseimbangan hormon dapat dipengaruhi oleh senyawa xenobiotik dalam pisang ambon. Biasanya hal itu mempengaruhi hormon estrogen pada wanita dan androgen pada pria. Makan terlalu banyak pisang ambon diyakini merusak keseimbangan dua hormon tersebut, dan dampak tersebut dirasakan langsung oleh wanita dengan siklus menstruasi yang kacau dan kelelahan yang berlebihan.

Nah, itulah beberapa manfaat pisang ambon dan beberapa efek yang ditimbulkan jika dikonsumsi berlebihan

Tinggalkan komentar