Manfaat Rebusan Daun Sirih

Manfaat Rebusan Daun Sirih, Ini Kelebihan dan Khasiatnya

Daun sirih adalah tanaman asli Indonesia tumbuh dengan merambat atau bersandar pada batang pohon lain. Daun yang memiliki bentuk hati ini kaya akan saponin, tanin, sampai eugenol yang baik untuk kesehatan. Jadi jangan heran jika daun sirih sering digunakan untuk obat; mulai dari obat penurun demam, hingga sakit tenggorokan.

Manfaat Rebusan Daun Sirih

Selain kedua manfaat ini, ternyata daun sirih juga memiliki segudang manfaat lain yang baik untuk kesehatan. Apa itu? Berikut ini ulasan manfaat rebusan daun sirih dari jurnal Asia Selatan Journal of Cancer.

1. Meringankan sembelit

Rebusan daun sirih mengandung antioksidan yang dapat membersihkan tubuh dari radikal bebas. Tidak hanya itu, daun sirih juga dapat mengembalikan tingkat pH normal pada masalah perut sembelit.

Untuk mendapatkan manfaat rebusan daun sirih ini, kamu bisa merebusnya dengan air atau hanya perlu mengunyah daun sirih setiap hari. Bisa juga dengan menggiling daun sirih dengan air semalaman. Minum air pada saat perut kosong.

2. Menjaga saluran pencernaan

Daun sirih dipercaya untuk melindungi kesehatan saluran pencernaan, karena dapat membantu meningkatkan produksi lendir. Nah, produksi lendir ini mencegah cedera pada dinding usus dan perut yang dapat diakibatkan karena berbagai alasan.

Tidak hanya itu, daun sirih juga bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme sehingga saluran pencernaan atau proses pembuangan dapat bekerja lebih baik.

3. Menurunkan gula darah pada pasien diabetes tipe 2

Menurut beberapa ahli, minum rebusan daun sirih air atau daun sirih kering dapat membantu menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes yang baru didiagnosis tipe 2.

Selanjutnya, manfaat ini datang karena tinggi antioksidan dimana dapat mengurangi stres oksidatif yang bisa menyebabkan kerusakan sel-sel tubuh serta pemicu ketidakseimbangan hormon insulin.
Meski begitu, ada baiknya kamu berkonsultasi dengan dokter sebelum minum rebusan daun sirih.

4. Nafsu makan meningkat

Penurunan tingkat nafsu makan adalah salah satu dari tanda-tanda gangguan perut. Kabarnya, daun sirih dapat mengembalikan kadar pH normal dalam perut dengan mengeluarkan semua racun. Akibatnya, nafsu makan akan meningkat dan tentu saja kesehatan pun akan kembali normal.

5. Penangkal kanker

Seperti yang disebutkan sebelumnya, daun sirih mengandung antioksidan eugenol yang dapat membantu melawan radikal bebas penyebab kanker pada orang dengan diabetes tipe 2. Untuk mendapatkan manfaat rebusan daun sirih ini, kamu dapat mengambil 10 sampai 12 lembar daun sirih dan direbus bersama-sama dengan air selama 10 sampai 15 menit. Setelah itu, tambahkan sedikit madu. Konsumsi secara rutin setiap hari.

Rebusan Daun Sirih untuk Miss V, Apakah Boleh?

Daun sirih cukup populer sebagai antiseptik alami yang tidak hanya digunakan untuk membersihkan vagina, tetapi juga alergi atau infeksi di tempat lain di tubuh. Hasil penelitian medis yang dilakukan jika daun sirih mengandung zat penting yang efektif menyembuhkan luka, menghentikan pendarahan, infeksi obat, parasit membunuh dan mikroorganisme.

Untuk membersihkan vagina itu sendiri, khasiat daun sirih dipercaya untuk membunuh jamur, bakteri, parasit dan mikroorganisme lain yang menyebabkan keputihan. Menggunakan daun sirih untuk kebersihan vagina dan menyembuhkan keputihan bisa dilakukan dengan cara yang sederhana. Cukup dengan merebus 3-5 daun sirih bersih dengan ukuran sedang, kemudian gunakan air masak untuk membilas daerah feminin.

Jika ada infeksi vagina, rebus daun sirih air sangat berguna untuk mengurangi infeksi dan membuat vagina lebih tikar. Selain itu, rebus daun sirih air juga dapat mengobati gatal-gatal dan mengencangkan Miss V.

Meskipun memiliki khasiat yang baik, tetapi belum tentu penggunaan daun sirih dapat digunakan setiap hari secara teratur. Justru, penggunaan rutin dapat menghilangkan pH alami di area Miss V. Vagina memiliki bakteri baik yang digunakan untuk menjaga lingkungan asam pada organ genital tetap pada suhu normal.

Bahkan, Miss saja dapat membersihkan diri sendiri tanpa bantuan produk pembersih. Namun, ada beberapa situasi tertentu seperti infeksi, sehingga produk pembersih yang diperlukan untuk membuat pH alami kembali vagina yang normal. Namun, jika vagina saat ini tidak mengalami masalah dan dalam kondisi yang normal alias seimbang, penggunaan daun sirih malah bisa “mengganggu”.

Membersihkan vagina secara berlebihan juga dapat mengganggu keseimbangan dan membuat vagina menjadi iritasi. Jadi, jika kamu memiliki pengalaman mengalami keputihan yang berlebihan setelah penggunaan produk kesehatan, ini bisa jadi karena kamu memang belum harus menggunakan produk kesehatan tersebut.

Para ahli medis menyarankan cara terbaik untuk membersihkan vagina yaitu dibilas dengan air bersih, karena air adalah cairan paling normal dan seimbang sebagai pembersih. Pembersihan mekanis juga harus dipertimbangkan, yaitu dari depan ke belakang dan menggunakan air mengalir.

Hati-hati bilas vagina saat buang air besar di toilet umum. Cobalah untuk menggunakan air keran daripada air yang disimpan di bak atau ember sebelumnya. Hal ini dilakukan untuk menghindari masalah kebersihan pada air yang disimpan tersebut.

Tren membersihkan daerah kewanitaan dengan tisu basah tidak harus dilakukan, mengingat tisu basah yang biasa diberikan pewangi tetap juga dapat mengganggu keseimbangan organ kewanitaan.

Selain mengendarai sepedah atau motor, aturan lain yang perlu diperhatikan dalam perawatan Miss V dengan yaitu untuk tidak menggunakan pakaian yang terlalu ketat. Penggunaan pakaian yang terlalu ketat bisa membuat vagina dalam kondisi kelembaban dan membuat lecet di bagian selangkangan.

Tidur malam tanpa pakaian juga merupakan salah satu cara untuk memberikan ruang untuk “bernapas” pada Miss V. Selalu dalam kondisi tertutup akan membuatnya sangat lembab, menyebabkan keputihan, bau, sampai keseimbangan terganggu.

Apa saja manfaat daun sirih lainnya untuk kesehatan
Sebelum menjelaskan manfaat daun sirih untuk kesehatan, perlu kamu ketahui bahwa daun sirih merupakan tanaman yang banyak mengandung air. Sekitar 85-90% terdiri dari air dengan kandungan rendah lemak dan kalori.

Selain itu, daun sirih juga memiliki kemampuan untuk membunuh bakteri dan jamur karena memiliki peran sebagai antioksidan. Manfaat daun sirih telah lama digunakan sebagai antiseptik untuk pengobatan luka bakar.

  • Membantu proses penyembuhan luka

Karena memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi, membuat daun sirih mampu mengatasi stres oksidatif sehingga membantu luka cepat sembuh. Cara mengolahnya, kamu hanya perlu menempelkan daun sirih pada luka dan setelah itu tinggal dibungkus dengan perban. Luka ini akan segera sembuh dalam waktu 1-2 hari.

  • Atasi gangguan pencernaan

Manfaat daun sirih juga dipercaya untuk mengatasi rasa tidak nyaman di perut. Caranya, cukup minum rebusan daun sirih. Konsumsi air rebusan daun sirih juga membantu perut lebih mudah menyerap mineral dan nutrisi. Selain itu, kamu juga dapat menggunakan minyak daun sirih pada perut untuk membuat nuansa perut lebih nyaman.

  • Menghambat karies gigi

Kebiasaan menginang beberapa orang tua sebelumnya terbukti bermanfaat baik untuk gigi. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa manfaat daun sirih mampu menghambat pertumbuhan bakteri yang menyebabkan karies gigi. Karies gigi merupakan salah satu momok kesehatan yang paling umum dialami. Kandungan minyak atsiri, flavonoid, alkaloid, dan senyawa fenolik diyakini menghambat karies gigi.

  • Mengatasi radang tenggorokan

Karena kandungan antioksidan yang kaya, daun sirih memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri. Cukup banyak obat yang menggunakan bahan-bahan alami dari daun sirih karena mampu mengatasi demam hingga sakit tenggorokan.

  • Membantu menurunkan berat badan

Manfaat daun sirih dapat dirasakan jika mengkonsumsi daun sirih air matang secara teratur. Efek positif dari kebiasaan ini, yaitu sistem metabolisme dalam tubuh meningkat. Tidak hanya itu, sifat daun sirih lainnya juga akan membuat sekresi pencernaan meningkat, pada saat yang sama menghilangkan racun dari tubuh.

Sedangkan serat dari daun sirih membantu menurunkan kadar lemak dalam tubuh dan mengobati sembelit. Hal ini tentu akan membuat berat badan lebih mudah turun.

  • Sebagai antiseptik

Manfaat daun sirih telah lama digunakan oleh masyarakat adalah sebagai anti-diabetes, anti-kanker antiseptik dan untuk menyembuhkan infeksi. Sayangnya, beberapa manfaat dari daun sirih tidak didukung oleh bukti-bukti ilmiah yang valid.

Namun, sebuah studi mengungkapkan bahwa antiseptik yang berasal dari daun sirih lebih baik dibanding sabun non-antiseptik. Namun, meskipun temuan ini mengatakan sabun antiseptik (daun sirih) lebih baik, diperlukan analisis lebih lanjut apakah apakah bakteri yang tersisa adalah patogen (penyebab penyakit) atau tidak.

Untuk mendapatkan antiseptik, rebusan air daun sirih matang juga digunakan sebagai obat kumur atau membersihkan bagian lain dari tubuh.

  • Mengobati rasa nyeri

Tingginya kandungan polifenol yang disebut chavicol pada daun sirih membuat daun ini memiliki sifat anti-inflamasi yang sangat kuat.

  • Mengurangi rasa depresi

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa khasiat daun sirih juga bermanfaat untuk mengendalikan gejala depresi. Ketika mengunyah atau minum rebusan daun sirih, maka bisa membuat otak memproduksi hormon serotonin yang membuat bahagia.

  • Meredakan batuk

Salah satu khasiat daun sirih lainnya diyakini untuk mengobati batuk. Air rebusan daun sirih mampu mengatasi batuk, karena mengandung vitamin B, C dan alkaloid untuk mengatasi peradangan menyebabkan batuk. Siapkan lima lembar daun sirih, lalu rebus dengan 300 ml air selama 15-20 menit. Minum 1 kali sehari.

  • Mengatasi mimisan

Khasiat daun sirih tidak satu asing yang digunakan karena sering digunakan untuk mengobati mimisan.

Tannin kandungan antioksidan dalam daun sirih berguna untuk mempercepat respons penyembuhan luka dari tubuh di mana bekuan darah di dalam pembuluh darah di hidung bisa cepat pulih.

Nah, itulah beberapa manfaat daun sirih untuk kesehatan. Kamu bisa mencobanya untuk mengatasi masalah kesehatan kamu. Bagaimana, tertarik mencoba rebusan daun sirih?

Tinggalkan komentar