Manfaat Tanaman Lidah Mertua

5 Manfaat Tanaman Lidah Mertua, Tak Hanya untuk Hiasan tapi Juga Udara

Tahukah kamu apa saja manfaat tanaman lidah mertua? Lidah mertua merupakan salah satu tanaman yang memiliki kemampuan untuk menjadi anti-polutan yang dapat mengurangi polusi udara.

Lidah mertua adalah tanaman yang memiliki nama latin Sansevieria. Selain dengan nama lidah mertua, tanaman ini juga dikenal sebagai tusuk gigi gajah dan tanaman ular.

Lidah mertua memiliki daun yang panjang runcing dan berpola seperti sisik ular. Tanaman ini memiliki daun yang tebal dan keras.

Manfaat Tanaman Lidah Mertua

Tanaman ini juga dapat beradaptasi dan berkembang dalam berbagai kondisi dan dengan pemeliharaan minimum. Lidah mertua tidak memerlukan banyak air untuk tumbuh. Dia juga bisa hidup dengan pencahayaan rendah. Nah, apa ya manfaat menanam tanaman ini? Berikut ini manfaat tanaman lidah mertua.

1. Menyaring polusi

Lidah mertua dapat membersihkan udara lebih baik daripada kebanyakan tanaman lain. Ia memiliki kemampuan untuk menyerap jumlah karbon monoksida dan karbon dioksida yang berlebihan.

Studi dari Naresuan University, Thailand menemukan tingkat karbon dioksida di ruang kantor dapat dikurangi dengan penanaman lima lidah mertua sampai 60-80 cm.

Penelitian dari NASA juga menyarankan lidah mertua dapat menyerap racun di udara seperti benzena, xylene, trichloroethylene dan formaldehida. Zat ini berbahaya jika terhirup oleh tubuh karena bisa menyebabkan kanker.

Dikutip dari Bergulir Nature, NASA merekomendasikan tanaman lidah mertua untuk ruangan rumah ukuran besar 167 meter persegi.

2. Dapat menghasilkan oksigen

Selain menyerap polusi udara, lidah mertua untuk menghasilkan oksigen sehingga membuat kualitas udara yang lebih baik.

Dikutip dari situs taman Balcony Garden, penelitian dari negara Harvard University Extension, lidah mertua adalah salah satu tanaman yang menghasilkan oksigen cukup baik.

Lidah mertua dapat mengubah karbon dioksida menjadi oksigen di malam hari. Ini akan membuat udara segar saat di pagi hari.

3. Melawan alergi dan sindrom bangunan sakit

Kemampuan lidah mertua lainnya yaitu mampu menyerap racun dan pelepasan oksigen untuk mengurangi alergi atau hal-hal yang menyebabkan alergi di udara luar. Orang dengan alergi dapat menanam tanaman ini sehingga ia dapat menghirup udara lebih bersih.

Sindrom bangunan sakit (Sick building syndrome) adalah suatu kondisi yang terjadi pada seseorang ketika memasuki bangunan tertentu. Gejala yang muncul termasuk iritasi, batuk, gatal-gatal, pusing, mual, sesak dada, dan nyeri otot. Tanaman lidah mertua disebut dapat mengatasi sindrom ini.

4. Pelindung

Berdasarkan ilmu Cina kuno atau fengshui topografi, lidah mertua dapat memberikan energi pelindung ketika ditempatkan dalam posisi yang ideal. Dalam feng shui, tanaman runcing seperti lidah mertua yang dianggap sangat baik untuk melawan Qi (energi) negatif.

Lidah mertua merupakan ekspresi dari Qi tumbuh. Energi kayu milik nya dapat memotong energi buruk atau energi stagnan.

Fengshui menilai tanaman ini cocok untuk ditempatkan di sudut tenggara, selatan, dan timur.

5. Hiasan

Lidah mertua juga dapat digunakan sebagai tanaman hias ditempatkan di halaman rumah atau di dalam ruangan. Bentuknya yang kuat, bertekstur hijau dan memanjang terlihat indah dan terawat dengan baik.

Tanaman hias sendiri dapat membantu meningkatkan produktivitas dan mengurangi stres. Nah, itulah 5 manfaat tanaman lidah mertua.

Tinggalkan komentar