10 Manfaat Terong Belanda untuk Kesehatan dan Kecantikan Jika Dikonsumsi Setiap Hari

10 Manfaat Terong Belanda untuk Kesehatan dan Kecantikan Jika Dikonsumsi Setiap Hari

Terong belanda adalah buah yang memiliki banyak manfaat jika dikonsumsi secara teratur. Buah ini merupakan sumber vitamin A dan C. Itu sebabnya, banyak orang mencari manfaat terong Belanda.

Tidak hanya itu, mineral seperti kalsium, zat besi, kalium, magnesium, fosfor juga terkandung dalam buah yang sering dijumpai di Indonesia ini.

Berikut ini adalah 10 manfaat terong Belanda jika dikonsumsi setiap hari:

1. Mengobati masalah pencernaan

Manfaat terong Belanda yaitu lebih tinggi serat. Jika kamu memiliki masalah pencernaan, buah ini bisa mengatasinya.

Makan buah secara rutin mampu untuk kelancaran buang air besar dan meningkatkan penyerapan nutrisi dalam tubuh.

2. Mengurangi sembelit

Sembelit bisa diatasi dengan Terong Belanda. Serat dalam terong ini tidak hanya membantu pencernaan, tetapi juga meringankan sembelit hingga proses buang air besar yang sulit.

Serat terong belanda juga mampu membuat tinja lebih mudah untuk melewati usus besar.

3. Mencegah kanker

Terong belanda mengandung kadar antioksidan yang tinggi, yang dapat mencegah semua jenis kanker. Setiap 100 gram terong Belanda segar, ada antioksidan dengan jumlah mencapai 1.659.

Antioksidan yang terkandung dalam terong Belanda antara lain pigmen anthocyanin, polyphenol, flavonoid dan asam klorogenat. Mereka akan melindungi semua sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh infeksi radikal bebas.

4. Mencegah diabetes

Terong belanda memiliki serat yang dapat menstabilkan kadar gula darah. Buah ini memiliki asam klorogenat yang memainkan peran penting dalam menunda timbulnya diabetes, dan meningkatkan sensitivitas insulin.

Makan terong Belanda secara teratur dapat mencegah perkembangan diabetes tipe 2.

5. Meningkatkan kemampuan penglihatan

Buah ini merupakan sumber karotenoid dan vitamin A dapat meningkatkan kemampuan untuk menjaga penglihatan yang sehat, dan mencegah perkembangan katarak.

6. Menjaga metabolisme tubuh

Vitamin B yang terkandung dalam terong Belanda, sangat penting untuk menjaga metabolisme tubuh. Terutama vitamin B kompleks adalah enzim metabolik.

Jika kamu sering mengkonsumsi, kamu akan merasakan perubahan energi tubuh yang meningkat.

7. Mencegah darah tinggi

Per 100 gram (setara dengan 7 sendok makan) terong Belanda, terdapat sekitar 321 mg kalium. Dengan jumlah kalium, kamu dapat menjaga denyut jantung dan tekanan darah menjadi lebih normal. Oleh karena itu, terong Belanda sangat baik untuk penderita hipertensi.

8. Baik untuk menurunkan berat badan

Jika kamu mendambakan makanan manis saat diet, terong Belanda bisa menjadi penyelamat. Buah manis ini memiliki kalori yang rendah, serat dan memiliki kandungan air yang tinggi. Jadi, kamu akan kenyang dalam beberapa jam. Bahkan, terong Belanda juga bisa melawan sel-sel lemak.

9. Kulit lebih muda

Kamu dapat menemukan banyak vitamin C dalam terong Belanda. Vitamin ini sangat penting untuk mendapatkan kulit yang sempurna dan bercahaya secara alami.

Dengan makan terong Belanda, kulit tidak akan rentan terhadap bintik-bintik akibat usia dan keriput.

10. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Sama seperti buah jeruk, terong Belanda mengandung banyak vitamin C, yang bermanfaat untuk sistem kekebalan tubuh. Jika kamu rutin mengkonsumsi vitamin C, sistem kekebalan tubuh dapat lebih kuat dalam memerangi bakteri menular dan mikroorganisme menular.

Nah, itulah 10 manfaat terong belanda untuk kesehatan. Tertarik mencobanya setiap hari?

Tinggalkan komentar