Home » Review & Tips » 7 Manfaat Zumba untuk Kesehatan dan Persiapannya

7 Manfaat Zumba untuk Kesehatan dan Persiapannya

Manfaat zumba untuk kesehatan – Zumba adalah olahraga yang sangat populer saat ini. Tidak hanya membuat tubuh fit, olahraga zumba juga menyenangkan, karena menggabungkan aerobik dengan gerakan tari. Jadi, apa yang manfaat kesehatan dari zumba yang bisa didapat? Tabi sebelum membahas manfaat zumba, sebaiknya kita mengenal terlebih dahulu tentang zumba.
Zumba adalah latihan kebugaran dari Kolombia yaitu gerakan aerobik yang menggabungkan dengan gerakan tarian, seperti samba, salsa dan tarian latin.
Zumba tak sengaja diciptakan oleh Alberto Pérez, seorang instruktur aerobik yang lupa untuk membawa musik yang digunakan untuk olahraga. Lantas ia memainkan musik dansa yang digunakan untuk berolahraga.
Saat melakukan aerobik dengan musik, pada kenyataannya, peserta menyukainya. Akhirnya, pada tahun 2002, Perez mulai menjual DVD gym dengan musik Latin yang disebut zumba.
Sekarang, zumba dunia kebugaran telah dikenal dan dipraktekkan di lebih dari 40 negara. Begitu juga di Indonesia. Manfaat zumba untuk kesehatan adalah sebagai berikut.
Untuk kamu yang suka juga dengan gerakan aerobik, senam ini memang dirancang untuk menggerakan otot-otot tubuh. Berikut adalah beberapa manfaat zumba yang bisa didapatkan:

1. Membakar kalori

Bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan, olahraga latihan zumba layak dicoba. Pasalnya, salah satu keuntungannya adalah dapat membakar kalori.
Jumlah kalori yang hilang dalam latihan Zumba sebenarnya bervariasi untuk setiap orang, tergantung pada jenis kelamin, berat badan dan faktor fisik lainnya. Namun, melakukan zumba selama satu jam, bisa membakar 400-600 kalori per jam.

2. Menggerakan seluruh tubuh sehingga lebih bugar

Zumba juga memiliki manfaat kesehatan yang baik untuk jantung. Hal ini karena gerakan yang komprehensif termasuk bagian bawah tubuh. Untuk pergerakan bagian tubuh atas, menjelang tangan biasanya bahu dan kepala untuk mengalahkan.
Sementara itu, setengah dari bagian bawah tubuh, olahraga zumba melibatkan perut, pantat, pinggul dan kaki untuk bergerak bersama-sama. Sehingga cocok untuk melatih semua sendi dan otot-otot tubuh.
Oleh karena itu, jangan heran jika kamu bisa melakukan gerakan menari atau melakukan gerakan jongkok, diikuti oleh melompat plyometric.

3. Membentuk tubuh agar menjadi ideal

Zumba menggabungkan beberapa gerakan. Mulai dari samba, hip hop, cha-cha, salsa, tari perut. Kombinasi dari gerakan-gerakan ini dapat membentuk tubuh menjadi lebih ideal dan tipis.

4. Melenturkan otot-otot tubuh

Gerakan zumba juga cocok untuk membentuk otot-otot tubuh yang penting. Sebagai contoh, otot-otot perut, punggung, bokong dan paha.

5. Penurunan tekanan darah

Sebuah penelitian yang melibatkan sekelompok wanita gemuk yang mengikuti zumba selama 12 minggu berturut-turut. Akibatnya, peserta mengalami secara signifikan penurunan berat badan dan mengurangi tekanan darah.

6. Membuat suasana hati senang

Pada dasarnya, zumba latihan olahraga sekaligus melakukan tari di waktu yang sama. Musik dan tarian dianggap sebagai bahasa universal yang bisa dinikmati oleh semua orang di dunia.

7. Sosialisasi dengan teman-teman baru

Zumba biasanya dilakukan bersama-sama di studio gym atau tempat senam. Dalam melakukannya kelompok dengan orang lain, kamu akan menjadi lebih aktif dan termotivasi untuk bersosialisasi dan bertemu dengan teman baru.

Yang harus dipersiapkan sebelum senam zumba

Zumba bisa dilakukan oleh banyak orang dari berbagai tingkat usia. Namun, latihan zumba masih harus dilakukan dengan cara yang tepat untuk meminimalkan terjadinya cedera.
Berikut adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memulai zumba:
  1. Bagi kamu yang berniat untuk ikut dalam kelas zumba, cobalah untuk bergabung dengan kelas Zumba untuk pemula.
  2. Kenakan pakaian dan sepatu yang nyaman untuk mempermudah gerakan karena zumba melibatkan banyak gerakan.
  3. Sama seperti olahraga lainnya, pastikan untuk pemanasan dan pendinginan sebelum dan setelah melakukan zumba.
  4. Pastikan cairan tubuh terpenuhi. Hal ini penting untuk menjaga tubuh kamu terhidrasi dengan baik selama zumba latihan.
  5. Juga, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter, terutama jika kamu memiliki penyakit atau kondisi tertentu. Misalnya, hamil, pengguna kursi roda, orang dengan arthritis (radang sendi), penyakit jantung dan diabetes.
Dokter kamu dapat membantu menentukan apakah kamu cocok untuk melakukan senam zumba.