Beranda ยป Mengapa Ketika Seseorang Mengalami Sembelit Disarankan untuk Memperbanyak Makanan Berserat Tinggi?

Mengapa Ketika Seseorang Mengalami Sembelit Disarankan untuk Memperbanyak Makanan Berserat Tinggi?

Mengapa ketika seseorang mengalami sembelit disarankan untuk memperbanyak makanan berserat tinggi? Mengkonsumsi makanan sehat tentu penting bagi kesehatan dan perkembangan tubuh. Selain vitamin, kandungan penting yang tak kalah pentingnya adalah serat. Bahkan, kurang serat kerap disangkutpautkan dengan gangguan pencernaan sembelit. Tal heran, penderita gangguan ini kerap disarankan untuk mengkonsumsi makanan kaya akan serat.

Lantas, mengapa ketika seseorang mengalami sembelit disarankan untuk memperbanyak makanan berserat tinggi

Serat kerap ditemukan pada makanan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan atau nabati. Berbeda dengan nutrisi, protein, karbohidrat, dan lemak, serat tidak dapat dicerna atau diserap oleh tubuh. Serat dalam makanan akan bermanfaat untuk membantu pergerakan usus dan mengikat air, kemudian membuangnya sehingga proses pencernaan lebih lancar. Selain baik untuk saluran pencernaan, serat juga memainkan banyak peran bagi kesehatan.

Manfaat serat bagi kesehatan

Serat adalah jenis karbohidrat dalam makanan nabati yang tidak dapat dicerna atau diserap oleh tubuh.Banyak serat yang terkandung dalam sayuran dan buah-buahan. Inilah alasan mengapa ketika kamu mengalami sembelit, banyak orang akan menyarankan untuk makan lebih banyak sayuran dan buah.

Namun, manfaat serat rupanya tidak hanya itu. Berikut adalah beberapa manfaat lain yang bisa kamu dapatkan dari serat.

1. Mencegah penyakit jantung

Serat di dalam tubuh diperlukan sebagai cara untuk mencegah serangan jantung. Makanan yang memiliki kandungan serat tinggi memang sangat dianjurkan, khusus untuk kesehatan. Penyakit jantung dapat dialami oleh siapa saja, sehingga kamu bisa mencegahnya dengan mengonsumsi makanan berserat tinggi. Serat berfungsi mengikat lemak jahat dalam tubuh dan membuangnya, sehingga peredaran darah lebih lancar dan bisa menekan resiko gangguan jantung.

2. Kontrol gula darah

Makan makanan berserat tinggi dapat mengontrol gula darah. Khusus bagi kamu yang sering mengkonsumsi makanan manis-manis dan sulit mengontrol kadar gula darah. Mengkonsumsi makanan dengan kandungan serat tinggi dapat membantu tubuh lebih lambat dalam memproses makanan. Jadi penyerapan gula darah dalam tubuh juga akan lebih lambat.

3. Menurunkan dan menjaga berat badan

Bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan, sangat disarankan untuk mengkonsumsi makanan berserat tinggi. Ternyata mengonsumsi makanan berserat tinggi membuat tubuh merasa kenyang lebih lama.

5. Dapat mengurangi kolesterol

Tubuh yang memiliki kolesterol tinggi bisa diatasi dengan menurunkannya secara bertahap dengan mengkonsumsi makanan berserat tinggi. Cara ini bisa dilakukan untuk menjaga tekanan darah yang tetap normal. Sementara itu, serat berfungsi untuk mengikat kolesterol yang memasuki tubuh melalui makanan yang kamu konsumsi. Dengan begitu makanannya tersebut tidak sampai diserap tubuh, tetapi dibuang melalui sistem pencernaan dengan cara buang air besar.

6. Memperpanjang usia

Makanan serat tidak hanya membuat seseorang memiliki tubuh yang sehat dan bugar. Tetapi bisa memperpanjang masa usia seseorang hidup lebih lama. Hal ini dikarenakan makanan ini bisa mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan kanker. Sementara itu, kedua penyakit tersebut merupakan penyakit yang berbahaya.

7. Mencegah diabetes

Sebagian besar penyakit diabetes menyerang usia tua. Namun, kini diabetes dapat dialami juga oleh kaum muda. Karena itu kamu harus mengonsumsi makanan berserat sehingga bisa mencegah penyakit diabetes dan memperlambat penyerapan gula dalam kadar darah.

Nah, itulah alasan mengapa ketika seseorang mengalami sembelit disarankan untuk memperbanyak makanan berserat tinggi.